Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BATU AKIK: Tips Berburu via Belanja Online

Batu akik tengah menjadi tren. Kegemaran masyarakat pun berbanding lurus dengan peningkatan potensi bisnis batu berharga itu.
Batu akik/Antara
Batu akik/Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Batu akik tengah menjadi tren. Kegemaran masyarakat pun berbanding lurus dengan peningkatan potensi bisnis batu berharga itu.

Aktivitas jual-beli meningkat pesat. Tidak hanya secara langsung, pemasaran batu akik secara online terus meningkat.

Namun, berbeda dengan transaksi off-line, jual beli batu akik on-line dilakukan tanpa tatap muka dengan penjual dan pengecekan keaslian produk. Tidak heran mode transaksi ini rentan dengan aksi penipuan.

Karena itu, berikut ini beberapa tips dan trik yang dirilis Tokopedia yang dapat membantu Anda lakukan terhindar dari penipuan jual-beli batu akik via online.

1. Pilih situs jual beli online terpercaya

Pilihlah situs yang menyediakan sistem pembayaran dengan rekening bersama (rekber) untuk menjamin keamanan transaksi Anda.

Sebagai contoh, Tokopedia baru akan meneruskan uang Anda kepada penjual ketika barang telah diterima sesuai dengan pesanan. Jika tidak uang Anda akan dikembalikan 100%.

Apabila produk yang dikirim ternyata palsu, Anda dapat melayangkan komplain dan berdiskusi kembali dengan penjual untuk mencari solusi bersama.

2. Pelajari sejarah toko online bersangkutan

Lihatlah sejarah transaksi toko tersebut dan juga testimoni dari para pembeli sebelumnya.

Hal penting lainnya, bacalah terlebih dahulu kebijakan dari toko tersebut, misalnya kebijakan mengenai mekanisme retur barang.

3. Melek info batu akik

Untuk meminimalisir penipuan, sebaiknya Anda mengenali terlebih dahulu jenis batu akik yang diinginkan. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai dimensi, warna hingga harga batu tersebut di pasaran.

Misalnya, ketika menginginkan batu Bacan Doko, Anda harus tahu bahwa jenis batu akik tersebut berwarna hijau lumut. Jika batu bacan yang ditampilkan penjual di etalase toko online berwarna merah atau warna lainnya, sebaiknya urungkan niat Anda untuk membeli batu akik di toko tersebut.

4. Tanya penjual tentang detil barang

Untuk memastikan tidak membeli “batu akik dalam karung”, tanyakan semua hal yang harus Anda ketahui, mulai dari keaslian, ukuran, tingkat kemiripan barang yang ada di foto dengan aslinya, hingga apakah batu akik sungguh dalam keadaan mulus dan tidak retak.

Anda juga bisa meminta penjual untuk mengunggah foto batu akik tersebut dari berbagai sisi untuk melihat detilnya.

5. Buat kesepakatan tertulis terkait retur barang

Hal ini menjadi antisipasi jika batu akik yang dikirim penjual ternyata barang palsu atau tidak sesuai dengan deskripsi yang ditampilkan.

Anda dan penjual seharusnya membuat kesepakatan yang terdokumentasi terkait ketentuan retur barang. Namun, usahakan untuk tidak berdiskusi dengan penjual menggunakan kontak pribadi.

Manfaatkanlah fitur diskusi yang tersedia di situs jual-beli online. Apabila nantinya barang yang dikirim palsu atau tidak sesuai dengan gambar, Anda dapat menyampaikan komplain dengan menjadikan jejak percakapan tersebut sebagai bukti untuk mempermudah proses retur barang.

Membeli batu akik secara online memang lebih berisiko dibandingkan dengan membelinya secara langsung, namun Anda tidak perlu takut untuk mencoba.

Risiko penipuan dapat diminimalisir dengan, salah satunya membeli batu akik melalui website jual-beli online terpercaya.

Selamat berburu batu akik via online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper