Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aher Dorong Regulasi untuk Mencegah Batu Akik Palsu

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengharapkan adanya regulasi yang mengatur keaslian batu akik karena saat ini batu akik telah menjadi suatu fenomena nasional, termasuk di Jawa Barat.
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan/Antara
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengharapkan adanya regulasi yang mengatur keaslian batu akik karena saat ini batu akik telah menjadi suatu fenomena nasional, termasuk di Jawa Barat.

"Saya minta kepada pengurus Himpunan Insan Penggemar Akik dan Batu Mulia Nusantara (HIPAN) agar segera membuat regulasi dalam menjaga keaslian batu akik ini. Jangan sampai nanti ada batu akik palsu yang bisa merusak pasar dan merusak kepercayaan masyarakat terhadap batu akik," kata Aher di Bandung, Minggu (31/5/2015).

Ditemui usai pengukuhkan pengurus Himpunan Insan Penggemar Akik dan Batu Mulia Nusantara (HIPAN) di Gedung RRI Bandung, Aher mengatakan untuk masalah harga sebaiknya diserahkan kepada masyarakat.

"Mengapa demikian karena yang dihargai itu adalah keindahannya asalkan sudah ada kesepakatan antara penjual dan pembeli. Yang penting kita jaga keasliannya," katanya.

Menurut dia, fenomena batu akik ini bisa mendorong munculnya ekonomi masyarakat baru, tentunya melalui himpunan seperti HIPAN.

Selain itu, lanjut Aher, tujuan dibentuknya HIPAN yaitu untuk menampung para penggemar batu akik di seluruh Indonesia, termasuk para pengrajin, penambang, dan kolektor.

Sementara itu, Ketua HIPAN Herlas Yuniar berharap dengan adanya pengukuhan kepengurusan di organisasinya maka diharapkan akan ada sinergitas antara pihaknya dengan pemerintah.

"Kita mengharapkan bisa bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui batu akik," kata Herlas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Setyardi Widodo
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper