Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengembangan Pelabuhan Cirebon Tetap Dilanjutkan

PT Pelindo II menegaskan pengembangan Pelabuhan Cirebon Jawa Barat akan tetap berjalan pada akhir tahuin ini, meskipun sedang terjadi kisruh lokasi pembangunan pelabuhan internasional pengganti Cilamaya.
Adi Ginanjar M., Ria Indhryani & Maman Abdurhm
Adi Ginanjar M., Ria Indhryani & Maman Abdurhm - Bisnis.com 17 Mei 2015  |  16:27 WIB
Pengembangan Pelabuhan Cirebon Tetap Dilanjutkan
Pelabuhan Cirebon

Bisnis.com, CIREBON - PT Pelindo II menegaskan pengembangan Pelabuhan Cirebon Jawa Barat akan tetap berjalan pada akhir tahuin ini, meskipun sedang terjadi kisruh lokasi pembangunan pelabuhan internasional pengganti Cilamaya.

Pasalnya, rencana pengembangan Pelabuhan Cirebon telah lama dirumuskan pihak Direksi Pelindo dan tidak akan menjadi pengganti lokasi Pelabuhan Cilamaya.

Manajer Operasi PT Pelindo II Cabang Pelabuhan Cirebon Yossiianis Marciano pembangunan pelabuhan internasional pengganti Cilamaya merupakan kewenangan pemerintah, dan jajaran Direksi Pelindo telah bersepakat untuk melakukan pengembangan Pelabuhan Cirebon.

“Persepsi yang berkembang saat ini, rencana pengembangan Pelabuhan Cirebon merupakan pengganti Cilamaya, padahal bukan,” katanya, Jumat (15/5/2015).

Yossi mengungkapkan pengembangan Pelabuhan Cirebon nantinya akan menjadikan pelabuhan tersebut sebagai feeder port untuk pelabuhan yang ada di sekitarnya, dan jika pengganti Cilamaya ada di sekitar Cirebon maka kurang ideal.

“Idealnya harus ada jarak yang lumayan jauh antarpelabuhan, apalagi kalau menangani sengmen yang sama,” ujarnya.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jabar Dedy Widjaja menyatakan keberadaan Pelabuhan Cirebon sangat diperlukan untuk membantu proses ekspor dan impor di daerah Jabar bagian timur.

Dia menjelaskan perluasan pelabuhan merupakan langkah tepat agar perekonomian di Jabar bisa bergairah. Namun demikian, lanjutnya, Pelabuhan Cirebon tidak bisa dijadikan pelabuhan internasional mengingat lokasi yang terlalu dangkal sehingga menyebabkan kapal besar sulit berlabuh.

“Pelabuhan itu hanya sebagai penopang cadangan. Nantinya pelabuhan internasional di Jabar tetap Cilamaya,” ujarnya.

Secara terpisah, Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar menilai hadirnya Pelabuhan Cilamaya maupun pengembangan Pelabuhan Cirebon merupakan sesuatu yang sangat penting karena dapat berpengaruh pada kinerja ekspor barang di Jabar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo ii Pelabuhan Cirebon
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top