Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tingkatkan Pelayanan di Tanjung Perak, BJTI Investasi Rp19 Miliar

Arus petikemas di Terminal Berlian Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada akhir April tercatat menembus 325.559 TEUs dari total target sejumlah 1 juta TEUs sepanjang tahun ini.n
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 14 Mei 2015  |  21:05 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, SURABAYA – Arus petikemas di Terminal Berlian Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada akhir April tercatat menembus 325.559 TEUs dari total target sejumlah 1 juta TEUs sepanjang tahun ini.

PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI)—pengelola Terminal Berlian—setiap tahunnya mengalami peningkatan arus petikemas cukup signifikan di lahan terminal seluas 7,5 hektare dan panjang tambatan 1.620 meter.

Sekretaris Perusahaan BJTI Widyaswendra mengatakan untuk menunjang peningkatan aktivitas di Terminal Berlian itu, BJTI telah melakukan investasi berupa 12 unit head truck traktor terminal Kalmar Ottawa 4x2 seharga Rp14 miliar.

“Selain itu, BJTI juga telah mempersiapkan tiga belas unit chasis truk tipe CIMC yang bernilai sekitar  Rp5 miliar. Kedua alat tersebut mempunyai manuver yang cepat di antara peralatan lainnya sehingga dapat difungsikan secara maksimal untuk menambah pelayanan dan meningkatkan kinerja,” katanya, Kamis (14/5/2015).

Menurutnya, dengan pencapaian kinerja yang meningkat lebih dari 14% pada 2014, maka saat ini pihaknya fokus untuk percepatan pelayanan.

“Kami mengurangi truck losing dengan pola stock muat di CY (Container Yard) sehingga dapat memperlancar kegiatan haulage bagi petikemas yang ditumpuk. Nantinya penumpukan petikemas tersebut akan dimuat sesuai dengan jadwal kapal dan harus didukung armada truk yang kompeten,” ujarnya.

Untuk pengadaan 12 head truck dan 13 chasis ini, anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) itu telah menyiapkan lapangan penumpukan untuk prosesassembling termasuk penyiapan forklift ukuran kecil dan kontainer 40 feet sebanyak 8 buah.

“Sedangkan untuk pengadaan chasis kami menyiapkan forklift kapasitas 15 ton atau crane kapasitas 15 ton,” tambah Widyaswendra.

Pengoperasian dua jenis alat baru yang sudah dapat digunakan pada bulan ini menjadi salah satu cara untuk mendukung tren angkutan barang menggunakan petikemas sehingga dapat meningkat dengan cepat karena intermodality-nya yang tinggi.

“Ke depannya diharapkan penambahan alat baru ini dapat meningkatkan produktivitas petikemas di Terminal Berlian sehingga dapat merealisasikan target yang akan dicapai dan mengoptimalkan kinerja operasional di lapangan,” pungkas Widyaswendra. []


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tanjung perak berlian jasa terminal indonesia
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top