Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KONFERENSI ASIA AFRIKA: PLN Jamin Tak Mati Listrik Saat KAA Digelar

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menjamin tidak akan mati listrik sepanjang gelaran Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta dan Bandung.
Pramuka melakukan upacara penaikan bendera kenegaraan peserta peringatan Konfrensi Asia Afrika./Antara
Pramuka melakukan upacara penaikan bendera kenegaraan peserta peringatan Konfrensi Asia Afrika./Antara

Bisnis.com, JAKARTA-- PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menjamin tidak akan mati listrik sepanjang gelaran Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta dan Bandung.

Bambang Dwiyanto, Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN, mengatakan untuk menjamin kelancaran acara besar yang berlangsung 19-24 April 2015 tersebut, PLN telah menyaiagakan sedikitnya 244 petugas untuk menjaga pasokan listrik tetap lancar dan aman di Jakarta dan Bandung.

"Selama berlangsung acara peringatan KAA ke-60 di Jakarta, 19-23 April, sebanyak 144 petugas pelayanan teknis disiagakan di beberapa tempat yang menjadi prioritas," ungkapnya, Sabtu (18/4/2015).

Menurutnya, area tersebut adalah Bandar Udara Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kusuma, Jakarta Convention Center, Parkir Timur Senayan, hotel tempat menginap delegasi.

Khusus untuk Jakarta Convention Centre (JCC), PLN menyiapkan pasokan listrik dari Gas Insulated Switcgear (GIS) Senayan dengan pasokan cadangan dari Gardu Induk (GI) Karet Baru ditambah dengan genset dan Uninterrupted Power Supply (UPS).

Selain area utama tempat berlangsungnya peringatan ke-60 KAA, pasokan listrik ke area-area seperti kompleks istana presiden, kedutaan besar, dan kantor-kantor kementerian juga mendapat perhatian dari PLN.

Sementara itu, pasokan listrik untuk gelaran acara KAA di Bandung yang dijadwalkan pada 24 April telah dipersiapkan jauh hari sebelumnya. PLN mengerahkan lebih dari 100 petugas mulai dari bagian jaringan transmisi hingga jaringan distribusi untuk menjaga listrik di Gedung Merdeka, Hotel Savoy Homann, Masjid Raya Bandung, Gedung Pakuan, Bandara Husein Sastra Negara dan Stasiun Kereta Api Bandung.

PLN membuat perkiraan beban dan melaksanakan simulasi beban sistem tenaga kelistrikan untuk keperluan Peringatan KAA ke-60 termasuk rencanacontingency system dan selanjutnya melakukan pemeriksaan bersama terhadap semua instalasi pendukung terkait, baik instalasi milik PLN maupun instalasi non PLN di Lokasi Peringatan KAA.

Pasokan listrik untuk venue utama yakni Gedung Merdeka dipasok dari Gardu Induk (GI) Bandung Selatan dengan di-backup dari Sub Sistem Cirata. PLN juga mempersiapkan 2 Unit Genset dengan kapasitas 150 kVA di Gedung Merdeka, dan 135 kVA untuk Masjid Raya.

"Untuk mendukung kehandalan juga disiagakan Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan kapasitas 60 kVA untuk Gedung Merdeka," paparnya.

Selain itu, untuk menambah keandalan, PLN juga menyiapkan Trafo 630 kVA 1 unit untuk GI, Saluran Kabel Tegangan Menengah 3x300 sqmm, serta pemasangan Automatic Change Over (ACO) yaitu alat perpindahan otomatis yang digunakan pada sistem emergency kelistrikan Tegangan Menengah dan Tegangan Rendah serta UPS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper