Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Norwegia Hadirkan Listrik di Sumba, Contoh Bagi RI

Pemerintah Norwegia berharap Indonesia dapat meniru pengembangan pembangkit listrik dengan energi terbarukan di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur untuk menjamin pasokan listrik di wilayah terpencil.
Instalasi listrik/Antara
Instalasi listrik/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah Norwegia berharap Indonesia dapat meniru pengembangan pembangkit listrik dengan energi terbarukan di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur untuk menjamin pasokan listrik di wilayah terpencil.

Erna Solberg, Perdana Menteri Norwegia, mengatakan pihaknya telah menjanjikan akan ada perusahaan asal negaranya yang akan menyediakan listrik kepada seluruh masyarakat di Pulau Sumba. Listrik tersebut akan dipasok dari pembangkit yang menggunakan energi terbarukan.

“Kami menjanjikan akan ada perusahaan yang menyediakan listrik bagi seluruh masyarakat Pulau Sumba yang 100% menggunakan energi terbarukan. Kami berharap dapat menjadi contoh untuk daerah terpencil lainnya,” katanya di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (14/4).

Pemerintah Norwegia memang ikut terlibat langsung dalam pengembangan Sumba Iconic Island, yang merupakan program untuk menjadikan Pulau Sumba sebagai lambang penggunaan energi terbarukan.

Program tersebut mencoba memenuhi kebutuhan listrik masyarakat setempat dari pembangkit listrik yang menggunakan energi terbarukan. Di pulau tersebut dibangun pembangkit listrik tenaga mikro hidro, pembangkit listrik tenaga surya, pembangkit listrik tenaga angin, biomassa, dan solar water pumping.

Erna menuturkan Indonesia dan Norwegia memang telah lama menjalin kerja sama di sektor energi. Bahkan dirinya telah membahas dalam waktu dekat akan ada perusahaan asal negara Norwegia yang melakukan investasi di Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama sektor energi dengan Norwegia. Pasalnya, negara tersebut memiliki kompetensi dalam memanfaatkan energi terbarukan sebagai sumber energi pembangkit listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper