Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Ritel: Circle K & Walmart Bidik Pekanbaru

Duo raksasa ritel asal Paman Sam, Circle K dan Walmart menyatakan minatnya untuk masuk ke Ibu Kota Provinsi Riau, Pekanbaru.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PEKANBARU - Duo raksasa ritel asal Paman Sam, Circle K dan Walmart menyatakan minatnya untuk masuk ke Ibu Kota Provinsi Riau, Pekanbaru.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru Mas Irba Sulaiman mengatakan pihaknya sudah menerima kunjungan perwakilan duo ritel raksasa itu.

"Keduanya sudah datang dan menyatakan minat untuk menanamkan modal di sini, tentu ini akan semakin meramaikan pasar ritel modern yang sudah ada," katanya, Senin (13/4/2015).

Pada pertemuan itu, kedua perwakilan perusahaan ingin membuka jaringan gerai ritel mereka di Pekanbaru, karena melihat potensi yang besar di daerah tersebut.

Menurut Mas Irba, pembahasan yang dilakukan masih pada sebatas pembicaraan awal, dan akan dilanjutkan dengan peninjauan lapangan.

Rencananya Circle K membuka jaringan ritel minimarket seperti Indomaret ataupun Alfamart, sedangkan Walmart akan membuka toko hipermarket.

Pada kesempatan terpisah, Wali Kota Pekanbaru Firdaus mengatakan pihaknya tetap membuka lebar keran investasi sektor manapun, termasuk bidang ritel.

"Kami siap menerima investasi bidang apapun termasuk ritel, karena Pekanbaru tidak memiliki sumber daya alam sehingga mengandalkan investasi perdagangan," katanya.

Firdaus mengatakan wilayahnya memiliki beragam keunggulan yang menjadi daya tarik bagi investor untuk menanamkan modalnya.

Keunggulan itu di antaranya wilayah yang strategis di tengah Pulau Sumatra, sehingga mudah dijangkau dari daerah utara dan selatan, serta negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Selain itu, Pekanbaru memiliki penduduk mencapai 1,1 juta jiwa, yang merupakan pasar potensial bagi sektor perdagangan dan jasa.

"Banyak kebutuhan masyarakat yang bisa dipenuhi dari sektor perdagangan dan jasa, sehingga peluang bisnis di Pekanbaru terbuka lebar," katanya.

Adapun investasi sektor ritel di Pekanbaru khususnya ritel minimarket modern masih didominasi dua ritel yaitu Indomaret dan Alfamart, yang masing-masing telah mengantongi izin 100 gerai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper