Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BP INDONESIA: Kilang Tangguh Papua Unit III Tetap Pakai Skema TBS

BP Indonesia mengatakan proyek kilang Tangguh, Papua unit ketiga, tetap akan memakai skema pinjaman trustee borrowing shceme (TBS).
Saat ini, proyek Tangguh train ketiga masih dalam proses perencanaan rinci (front end engineering design/FEED). /Bisnis.com
Saat ini, proyek Tangguh train ketiga masih dalam proses perencanaan rinci (front end engineering design/FEED). /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - BP Indonesia mengatakan proyek kilang Tangguh, Papua unit ketiga, tetap akan memakai skema pinjaman trustee borrowing shceme (TBS).

"Skema TBS sudah disetujui. Tanpa TBS proyek Tangguh tidak jalan," kata Kepala BP Indonesia Darmawan Samsu seusai bertemu Menteri ESDM Sudirman Said di Jakarta, Jumat (27/3/2015).

Hadir dalam pertemuan antara lain Pelaksana Tugas Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja dan Presiden BP Asia Pacific Christina Verchere.

Skema TBS adalah pinjaman yang pengembaliannya berasal dari hasil proyek. Menurut Darmawan, pertimbangan pemakaian skema TBS tersebut adalah mengikuti proyek Tangguh train I dan II yang sudah berjalan dengan baik.

"Proyek Tangguh train III ini penting untuk memenuhi kebutuhan gas domestik ke depan," katanya. Dia mengatakan kepastian TBS tersebut membuat pihaknya semakin yakin proyek Tangguh "train" ketiga bakal beroperasi pertengahan 2020.

Saat ini, proyek Tangguh train ketiga masih dalam proses perencanaan rinci (front end engineering design/FEED).

Pada pertengahan 2016, BP akan menyelesaikan tahapan keputusan akhir investasi (final investment decision/FID) sebelum dilakukan konstruksi. "Lalu, pada pertengahan 2020 proyek akan selesai," ujarnya.

Darmawan juga mengatakan pihaknya masih mencari pembeli ekspor LNG hasil produksi kilang unit ketiga. "Sebanyak 40% LNG train ketiga sudah diserap di dalam negeri. Adapun 60% lainnya baru terjual sebagian ke Kansai (Jepang). Kami sedang mencari pembeli lainnya," ujarnya.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan potensi kerugian negara dengan skema TBS. Alasannya, beban bunga skema TBS tersebut dibebankan ke negara melalui biaya yang dikembalikan (cost recovery).

Skema TBS juga dinilai melanggar UU No 22 Tahun 2001 tentang Migas yang mensyaratkan pendanaan kontraktor kontrak kerja sama berasal dari modal sendiri.

Sementara itu, skema TBS memakai pendanaan pihak ketiga. Poyek Tangguh train III memerlukan investasi US$12 miliar yang sebagian berasal dari pinjaman perbankan.

BP sebagai operator memiliki saham proyek tangguh sebesar 37,16%. Saham lainnya dimiliki MI Berau BV 16,03 persen, CNOOC Muturi Ltd 13,9%, Nippon Oil Exploration (Berau) Ltd 12,23%, KG Berau/KG Wiriagar 10%, Indonesia Natural Gas Resources Muturi Inc 7,35%, dan Talisman Wiriagar Overseas Ltd 3,06%.

Proyek Tangguh train III akan memproduksi LNG sebesar 3,8 juta ton per tahun. Sebanyak 40% atau sekitar 1,5 juta ton per tahun untuk domestik.

Saat ini, dari kilang Tangguh train I dan II, diproduksikan 7,6 juta ton per tahun dengan alokasi pasar domestik dan ekspor. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper