Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadin Usul Jakarta Utara jadi Kota Maritim

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Jakarta Utara mendorong tata ruang kota Maritim di Jakarta Utara agar wilayah ini menjadi kota maritim.
Suasana di Pelabuhan Tanjung Priok/Bisnis.com
Suasana di Pelabuhan Tanjung Priok/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Jakarta Utara mendorong tata ruang kota Maritim di Jakarta Utara agar wilayah ini menjadi kota maritim.

Ketua Kadin Jakarta Utara Sungkono Ali mengatakan potensi menjadikan wilayah administratif Jakarta Utara sebagai kota maritim sangat besar mengingat di wilayah tersebut juga ada Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Marunda. Selain itu, juga terdapat pelabuhan perikanan samudera Muara Baru.

"Kadin sudah menyusun rencana pengembangan tata ruang Jakut sebagai Kota Maritim. Kami akan mendorong ke arah itu," ujarnya di sela-sela Musyawarah Kota (Mukota) ke-V Kadin Jakarta Utara, Selasa (17/2/2015).

Mukota Kadin Jakut Ke-V itu bertema 'Optimalisasi pembangunan infrastruktur dan peningkatan pelayanan kepada dunia usaha dalam rangka menghadapi Asean Economy Communiti 2015', dan dibuka langsung oleh Wali Kota Jakut Rahmat Efendi.

Hadir pada kesempatan itu, di antaranya Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Bay Mokhamad Hasani, Dirut PT Pelabuhan Tanjung Priok Ri Henryanto, dan ratusan pengusaha anggota Kadin Kota Jakut.

Sungkono mengatakan potensi kemaritiman di wilayah Jakut perlu dikembangkan, termasuk menyangkut pariwisata pesisir/bahari. "Potensi tersebut sangat besar di wilayah ini," paparnya.

Bay Mokhamad mengatakan pengembangan pelabuhan Priok yang notabene ada di wilayah administratif Jakut tetap mesti bersinergi dengan pengembangan tata ruang di Jakut.

"Idealnya memang harus ada sinergi antara regulator di Pelabuhan Priok dengan Pemkot Jakut, supaya program menjadikan Jakut sebagai kota Maritim dapat terealisasi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhmad Mabrori
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper