Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Air Bersih Kawasan Industri Kariangau Ditingkatkan

Pemerintah Kota Balikpapan akan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dalam penyediaan air bersih bagi Kawasan Industri Kariangau, Balikpapan.
ilustrasi
ilustrasi

Bisnis.com, BALIKPAPAN—Pemerintah Kota Balikpapan akan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dalam penyediaan air bersih bagi Kawasan Industri Kariangau, Balikpapan.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Balikpapan Poerba Widjaja mengatakan saat ini sumber air bersih bagi kawasan tersebut hanya berasal dari Waduk Sungai Wain.

“Air di Sungai Wain itu kan terbatas, dan itu sebagai tahap awal saja untuk penyediaan air. Cadangannya nanti ya air dari Penajam Paser Utara sana,” tuturnya kepada Bisnis, Selasa (17/2/2015).

Dia mengatakan pihaknya berharap nantinya Pemkab PPU dapat menyambut kerjasama tersebut antar badan usaha milik daerah (BUMD), yakni PDAM, atau langsung dengan perusahaan pengelola kawasan apabila perusahaan tersebut telah terbentuk.

Menurutnya, PPU merupakan wilayah potensial terdekat yang dapat menjamin ketersediaan air bagi kegiatan industri di KIK.

“PPU itu dekat, kok. Ada daerah di KIK yang satu wilayah dengan PPU, jadi nanti penyaluran airnya mudah,” tukasnya.

Dengan kerjasama tersebut, maka infrastruktur KIK akan semakin optimal. Apalagi, dalam waktu dekat Kariangau Power Plant juga akan resmi beroperasi menyalurkan listrik bagi perusahaan-perusahaan di kawasan tersebut.

“Skenarionya sudah ada, tinggal bagaimana dijalankannya saja nanti,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper