Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produk Jajanan Malaysia Banjiri Pasar Indonesia, Menkop Prihatin

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengaku prihatin dengan banyaknya jajanan asal Malaysia yang membanjiri pasar dan pusat oleh-oleh, khususnya di daerah perbatasan, seperti Batam.
Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. /Bisnis.com
Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengaku prihatin dengan banyaknya jajanan asal Malaysia yang membanjiri pasar dan pusat oleh-oleh, khususnya di daerah perbatasan, seperti Batam.

"Saya prihatin mendapati produk makanan ringan yang jadi oleh -oleh kota Batam," kata AAGN Puspayoga dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Senin (9/2/2015).

Padahal itu produk Malaysia. Tapi kemasannya dibuat sedemikian rupa bagus dengan memakai ikon kota Batam seperti Jembatan Barelang. Hal serupa terjadi di kota Padang yang mengambil ikon rumah gadang, dan penari pendet untuk oleh-oleh kota Bali.

"Saya kecewa menemukan hal ini," katanya. Oleh karena itu, Puspayoga bertekat akan segera mengambil langkah cepat agar kondisi itu tidak terus-menerus terjadi karena berpotensi merugikan UKM lokal.

Menteri mengatakan pihaknya akan dalam waktu dekat akan mendorong UKM lokal menguasai teknik produksi yang lebih baik khususnya dalam hal pengemasan produk.

"Saya mendapati keluhan UKM bahwa mereka tidak bisa memakai kemasan yang bagus agar bisa bersaing dengan produk luar karena keterbatasan kuantitas. Artinya, pengusaha kemasan maunya UKM pesan dalam jumlah banyak semisal di atas 1.000 pieces, tapi UKM sanggupnya 500-700 pcs. Nah, akhirnya UKM ambil sederhana saja bentuk kemasannya," katanya.

Akibatnya produk yang mereka jual ke pasar pun kalah saing ketimbang produk serupa buatan asing yang lebih menarik kemasannya. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan instansi lain yang terkait dengan rencana pelaksanaan pelatihan dan pendampingan bagi UKM untuk bidang kemasan.

Menteri berharap ke depan UKM lokal mampu bersaing baik di pasar lokal bahkan global. "Kami juga berencana untuk membangun rumah kemasan di setiap provinsi yang dominan pelaku UKM-nya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper