Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Spanyol Berminat Jalin MRA dengan RI

Pemerintah Spanyol diwakili duta besarnya untuk Indonesia menyampaikan kepada Kementerian Perindustrian niatan untuk menjalin mutual recognition arrangement.n
Dini Hariyanti
Dini Hariyanti - Bisnis.com 30 Januari 2015  |  14:10 WIB
Produksi tekstil. Spanyol berminat jalin MRA dengan RI - Bisnis
Produksi tekstil. Spanyol berminat jalin MRA dengan RI - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah Spanyol diwakili duta besarnya untuk Indonesia menyampaikan kepada Kementerian Perindustrian niatan untuk menjalin mutual recognition arrangement.

Dirjen Kerja sama Industri Internasional Kemenperin Agus Tjahajana mengatakan sejauh ini Indonesia siap untuk mengadakan mutual recognition arrangement (MRA) dengan Spanyol. Tapi peraturan ini harus bersifat resiprokal, tidak hanya berlaku untuk produk Spanyol ke Tanah Air tetapi juga sebaliknya.

"Sekarang belum ada MRA RI dan Spanyol. Mereka mau bagaimana agar kalau mereka mau bawa barang ke sini pengujian dan sertifikasinya cukup di sana," tuturnya ditemui seusai pertemuan duta besar Spanyol dengan menteri perindustrian, di Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Jalinan MRA antara dua negara beda benua ini memungkinkan dilakukan. Tapi untuk menuju ke sana perlu ada pendalaman lebih jauh terkait skema standardisasi produk-produk industri masing-masing negara.

Selain itu MRA membutuhkan perjanjian bilateral tertentu untuk memayunginya. Tapi kesiapan RI untuk jalankan MRA terhadap barang-barang dari Spanyol belum tentu berlaku pula sebaliknya.

"MRA ini supaya bisa memperlancar perdagangan dan meningkatkan kerja sama dua negara. MRA itu resiprokal, tetapi sepertinya Spanyol belum mengerti masalah itu," papar Agus.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kerja sama internasional
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top