Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

EKONOMI YUNANI: Kebijakan Anti Tekanan Asing, Tsipras Hentikan Privatisasi

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras menantang para kreditor internasional secara terbuka dengan menghentikan rencana privatisasi yang disepakati dalam program bailout
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 29 Januari 2015  |  10:29 WIB
 Tsipras menghentikan rencana privatisasi -
Tsipras menghentikan rencana privatisasi -

Bisnis.com, JAKARTA— Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras menantang para kreditor internasional secara terbuka dengan menghentikan rencana privatisasi yang disepakati dalam program bailout.

Langkah radikal yang diambil pemimpin dari partai sayap kiri itu kian merugikan pasar keuangan sebagaimana dikutuip Reuters, Kamis (29/1/2015).

Serangkaian keputusan tegas yang mengisyaratkan bahwa pemerintahan baru akan memenuhi janji antitekanan asing akan membuat pemerintah itu berhadapan dengan Uni Eropa yang dipimpin oleh Jerman. Jerman sebelumnya menyatakan tidak akan merenegosiasi paket bantuan untuk membantu Yunani membayar utang dalam jumlah besar.

Tsipras, yang baru saja mendapat ucapan selamat dari Presiden AS Barack Obama lewat telepon setelah memenangkan pemilu, mengatakan pada rapat kabinet pertamanya tidak akan mengecewakan para pemilihnya yang standar hidupnya anjlok akibat tekanan.

Setelah mengumumkan penghentian privatisasi pelabuhan Piraeus, yang tengah diincar oleh Cosco Group dari China dan empat perusahaan lainnya, pemerintah mengindikasikan akan menghentikan semua program privatisasi.

Perdana Menteri itu akan menghentikan penjualan saham Public Power Corporation of Greece serta perusahaan penyulingan minyak Hellenic Petroleum.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Utang Yunani privatisasi bumn

Sumber : Reuters

Editor : Redaksi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top