Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengembang Rambah Serang, Cilegon, & Lebak

Asosiasi Real Estate Broker Indonesia DPD Provinsi Banten menyatakan pengembang besar di wilayah ini yang semula fokus menggarap lahan di wilayah Tangerang kini mulai merambah Serang, Cilegon, dan Kabupaten Lebak.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, TANGERANG—Asosiasi Real Estate Broker Indonesia DPD Provinsi Banten menyatakan pengembang besar di wilayah ini yang semula fokus menggarap lahan di wilayah Tangerang kini mulai merambah Serang, Cilegon, dan Kabupaten Lebak.

Lie Min, Ketua Arebi DPD Provinsi Banten, mengatakan pesatnya pertumbuhan masyarakat kelas menengah ke atas di Serang dan Cilegon dengan cepat ditangkap oleh sejumlah pengembang besar dengan mendirikan perumahan mewah dan apartemen.

“Seluruh pengembang besar yang berbasis di Tangerang tahun ini memiliki proyek di Serang, Kabupaten Lebak, dan Cilegon. Untuk di Kota Cilegon pengembang fokus mendirikan apartemen untuk kalangan ekspatriat”, ujarnya kepada Bisnis, Senin (26/1/2014).

Menurutnya, di awal tahun ini sejumlah pengembang besar secara intensif telah melakukan komunikasi dengan broker properti yang tergabung dalam Arebi untuk memasarkan unit perumahan dan apartemen yang akan dibangun.

Berdasarkan penghitungan pada tahun lalu, tuturnya, 60% penjualan rumah dan apartemen oleh pengembang didapatkan melalui jasa broker yang tergabung dalam Arebi.

Dia mengatakan kendati pada tahun lalu pasar properti cukup tertekan dengan adanya kebijakan rasio loan to value (LTV) dan suku bunga tinggi yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, namun, penjualan unit perumahan dan apartemen di Banten tetap tinggi.

Perlambatan penjualan rumah dan apartemen akibat kebijakan rasio LTV pada tahun lalu, menurutnya terjadi hanya sementara karena pengembang dengan cepat mengeluarkan variasi skema pembayaran atas hunian yang dijual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper