Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengembang Rambah Serang, Cilegon, & Lebak

Asosiasi Real Estate Broker Indonesia DPD Provinsi Banten menyatakan pengembang besar di wilayah ini yang semula fokus menggarap lahan di wilayah Tangerang kini mulai merambah Serang, Cilegon, dan Kabupaten Lebak.
Muhammad Abdi Amna
Muhammad Abdi Amna - Bisnis.com 27 Januari 2015  |  01:22 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, TANGERANG—Asosiasi Real Estate Broker Indonesia DPD Provinsi Banten menyatakan pengembang besar di wilayah ini yang semula fokus menggarap lahan di wilayah Tangerang kini mulai merambah Serang, Cilegon, dan Kabupaten Lebak.

Lie Min, Ketua Arebi DPD Provinsi Banten, mengatakan pesatnya pertumbuhan masyarakat kelas menengah ke atas di Serang dan Cilegon dengan cepat ditangkap oleh sejumlah pengembang besar dengan mendirikan perumahan mewah dan apartemen.

“Seluruh pengembang besar yang berbasis di Tangerang tahun ini memiliki proyek di Serang, Kabupaten Lebak, dan Cilegon. Untuk di Kota Cilegon pengembang fokus mendirikan apartemen untuk kalangan ekspatriat”, ujarnya kepada Bisnis, Senin (26/1/2014).

Menurutnya, di awal tahun ini sejumlah pengembang besar secara intensif telah melakukan komunikasi dengan broker properti yang tergabung dalam Arebi untuk memasarkan unit perumahan dan apartemen yang akan dibangun.

Berdasarkan penghitungan pada tahun lalu, tuturnya, 60% penjualan rumah dan apartemen oleh pengembang didapatkan melalui jasa broker yang tergabung dalam Arebi.

Dia mengatakan kendati pada tahun lalu pasar properti cukup tertekan dengan adanya kebijakan rasio loan to value (LTV) dan suku bunga tinggi yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, namun, penjualan unit perumahan dan apartemen di Banten tetap tinggi.

Perlambatan penjualan rumah dan apartemen akibat kebijakan rasio LTV pada tahun lalu, menurutnya terjadi hanya sementara karena pengembang dengan cepat mengeluarkan variasi skema pembayaran atas hunian yang dijual.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis properti pengembang rumah
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top