Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Balikpapan Butuh Banyak Rumah Kelas Menengah

Pemerintah Kota Balikpapan menyatakan kota minyak masih membutuhkan banyak pembangunan perumahan kelas menengah bawah guna memenuhi kebutuhan hunian masyarakat.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 26 Januari 2015  |  16:07 WIB
Pembangunan perumahan. Balikpapan butuh banyak rumah kelas menengah - Bisnis
Pembangunan perumahan. Balikpapan butuh banyak rumah kelas menengah - Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN—Pemerintah Kota Balikpapan menyatakan kota minyak masih membutuhkan banyak pembangunan perumahan kelas menengah bawah guna memenuhi kebutuhan hunian masyarakat.

“Balikpapan masih butuh banyak, lah. Buktinya saja setiap ada pengembang membangun perumahan, unitnya selalu habis,” tutur Kepala Dinas Tata Kota dan Perumahan Kota Balikpapan Ketut Astana kepada Bisnis, Senin (26/1/2015).

Menurutnya, unit rumah dengan tipe 36 ke bawah merupakan unit yang paling banyak dibeli. Hal ini sejalan dengan data Bank Indonesia yang mencatat bahwa penyaluran KPR di Balikpapan didominasi oleh pembelian tipe 22-70 dengan persentase 63,2%.

Sementara penyaluran KPR untuk tipe di atas 70 tercatat mencapai 28,9% dan untuk tipe sampai dengan 21 tercatat mencapai 7,9%.

Saat ini, lanjutnya, terdapat beberapa pengembang yang akan membangun perumahan kelas menengah bawah di beberapa wilayah di Balikpapan. Namun, Ketut tak menyebutkan secara pasti berapa jumlah pengembang tersebut.

“Saat ini yang sudah ada itu Grand City dari Sinarmas Land, Balikpapan Regency juga termasuk perumahan kelas menengah bawah,” tambahnya.

Ketut juga memastikan bahwa Balikpapan masih memiliki cukup lahan untuk dibangun guna memenuhi kebutuhan hunian warga. “Wilayah Balikpapan Utara dan Balikpapan Barat masih bisa dibangun perumahan,” paparnya.

Selain itu, dia mengungkapkan saat ini pihaknya juga banyak mendapati pembangunan cluster-cluster dengan lahan yang terbatas, yakni hanya 1.500-5.000 m².

Sejalan dengan pendapat tersebut, Ketua REI Balikpapan Edi Juwadi mengatakan prospek pembangunan perumahan kelas menengah bawah di Balikpapan masih terbilang cukup menjanjikan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top