Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPOM Tingkatkan Pengawasan Postmarket

Badan Pengawas Obat dan Makanan meningkatkan pengawasan postmarket menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean guna antisipasi gempuran produk impor tak berkualitas.
David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 26 Januari 2015  |  22:30 WIB
ilustrasi - bisnis.com
ilustrasi - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA— Badan Pengawas Obat dan Makanan meningkatkan pengawasan postmarket menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean guna antisipasi gempuran produk impor tak berkualitas.

“Untuk sisi pengawasan premarket kami lakukan harmonisasi mutual recognition agreement [MRA] dengan lembaga di negara Asean. Setiap negara melakukan pengasawan yang sama di negara masing-masing, kami juga harus memberikan perlindungan yang tinggi pada masyarakat,” tutur Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Roy A. Sparringa kepada Bisnis.com, Senin (26/1).

Hadirnya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) secara tidak langsung akan mempermudah produk pangan masuk pasar nasional. Kerja sama MRA akan mempermudah pengawasan produk yang bermasalah di negara asal, sehingga saat produk haram tersebut masuk Indonesia BPOM lebih cepat menghalanginya sebelum beredar.

Roy mengatakan saat ini BPOM memiliki 32 laboratorium terakreditasi ISO 17025, yang tersebar di setiap ibukota provinsi. Penyebaran informasi terkait produk yang membahayakan masyarakat akan cepat ditindaklanjuti, baik melalui pengambilan sampel produk maupun pemusnahan bagi produk yang ilegal.

“Peningkatan pengawasan juga untuk memberikan proteksi bagi industri kecil menengah [IKM]. Peningkatan standardisasi wajib ditingkatkan, di saat yang sama pembinaan IKM dihadirkan, agar daya saingnya meningkat,” katanya.

BPOM mengakui pengawasan produk obat dan makanan belum dapat ideal, karena harus melibatkan berbagai instansi terkait, baik koordinasi antarkementerian, penegak hukum maupun elemen masyarakat. Dia mengharapkan partisipasi masyarakat dalam menginformasikan sudah meningkat dari tahun ke tahun. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bpom mea 2015
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top