Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengandung Bakteri Berbahaya, Pemerintah Larang Impor Apel Asal AS

Pemerintah mengeluarkan larangan impor apel jenis Granny Smith dan Gala yang diproduksi di Bidart Bros., Bakersfield, California, Amerika Serikat (AS) karena diduga terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 26 Januari 2015  |  19:05 WIB
apel jenis Granny Smith dan Gala.  - Bisnis.com
apel jenis Granny Smith dan Gala. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mengeluarkan larangan impor apel jenis Granny Smith dan Gala yang diproduksi di Bidart Bros., Bakersfield, California, Amerika Serikat (AS) karena diduga terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes.

Direktur Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan Widodo mengatakan pelarangan impor apel asal Negeri Paman Sam ditujukan bagi dua apel bermerek Granny's Best dan Big B dengan kode CA93312.

Dia menuturkan larangan ini tak hanya ditujukan bagi importir, tetapi juga distributor, pengecer, dan konsumen. "Bagi distributor dan pengecer yang terlanjur memiliki dua jenis apel tersebut diharap agar tidak menjual ke konsumen. Kami juga mengimbau konsumen supaya jeli sebelum mengonsumsi apel impor, khususnya dari AS," ujarnya di Jakarta, Senin (26/1/2015).

Menurutnya, keputusan larangan impor tersebut diambil berdasarkan surat Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya Nomor SV.04.01.15.0302 tanggal 23 Januari 2015 tentang Foodborne Disease Outbreak terkait dengan konsumsi apel karamel di Amerika Serikat.

Selain itu, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) telah menerima INFOSAN Alert pada 17 Januari 2015 dan surat dari Kedutaan Besar AS di Jakarta pada 21 Januari 2015.

Bakteri Listeria monocytogenes termasuk yang kerap menempel di kulit apel bisa menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang lanjut usia, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Selain itu, orang sehat yang terinfeksi mungkin menderita gejala jangka pendek seperti demam tinggi, sakit kepala akut, pegal, mual, diare dan menyebabkan keguguran bagi perempuan hamil.

Ketua Asosiasi Eksportir dan Importir Buah dan Sayur Segar Indonesia (ASEIBSSI) Khafid Sirofuddin mendukung langkah pemerintah menarik dan melarang impor apel jenis Granny Smith dan Gala asal AS sebagai upaya untuk melindungi konsumen Indonesia.

Dia menjelaskan pelarangan impor dua jenis apel tersebut diprediksi tidak akan berdampak pada penjualan apel impor di pasar domestik. Pasalnya, Indonesia tak hanya mengimpor apel dari AS.

"Selain AS, kami dari Australia, Jepang, Nepal, Selandia Baru, dan Argentina. Selain Granny Smith dan Gala, jenis apel impor yang diminati konsumen adalah apel Washington dan apel Fuji dari Jepang."

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, realisasi volume impor apel asal AS pada Semester II 2014 mencapai 15.989 ton. Adapun, realisasi volume impor apel AS pada semester I 2015 berkisar 1.437 ton. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

impor Buah Apel
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top