Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Naikkan Okupansi, Pengelola Mal Harus Cerdas

Meskipun dihadapkan dengan kenaikan biaya pelayanan (service charge) dan tarif dasar listrik (TDL), okupansi di pusat perbelanjaan cenderung mengalami kenaikan pada tahun ini.

Bisnis.com, JAKARTA—Meskipun dihadapkan dengan kenaikan biaya pelayanan (service charge) dan tarif dasar listrik (TDL), okupansi di pusat perbelanjaan cenderung mengalami kenaikan pada tahun ini.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Handaka Santosa mengatakan okupansi di pusat perbelanjaan di beberapa kota memang mengalami perlambatan pada tahun lalu tetapi masih tetap tumbuh.

“Biasanya, okupansi mal per tahun tumbuh sekitar 15%. Pengecualian terjadi pada tahun lalu yang tumbuh hanya 10%. Masih tetap tumbuh tetapi melambat,” katanya kepada Bisnis baru-baru ini.

Dia menjelaskan, pertumbuhan okupansi 15% akan mulai terjadi lagi pada tahun ini. Pasalnya, suplai ruang ritel pada tahun ini sangat terbatas sehingga permintaan peritel  untuk menyewa semakin tinggi.

“Bahkan, tahun ini okupansi bisa mencapai 99% dari rata-rata okupansi tahun lalu 87%,” imbuhnya.

Lagipula, lanjut pria yang pernah menjabat sebagai Direktur  Senayan City tersebut, kenaikan biaya pelayanan dari pengelola mal kepada peritel akan dibarengi dengan pelayanan yang baik pula.

Dia mengatakan pengelola mal kian cerdas dengan membuat berbagai promosi menarik setiap bulan baik dalam bentuk program musik, undian berhadiah maupun penyelenggaraan acara fesyen.

Promosi tersebut diharapkan mampu menarik kunjungan per hari. Dengan kunjungan  tersebut, otomatis akan menguntungkan peritel penyewa.

Kenaikan biaya pelayanan dan tarif listrik per bulan tidak dapat dihindari karena berkaitan dengan tiga hal yaitu inflasi, kenaikan harga minyak dunia dan penurunan nilai tukar rupiah terhadap dolar.

Maka dari itu, pengelola mal harus bekerja ekstra untuk meningkatkan pelayanan sehingga tidak ditinggalkan olet peritel penyewa.

Meskipun demikian, mal dengan service charge mahal yaitu mal yang dilengkapi dengan satpam di setiap elevator dan satpam pembuka pintu mobil merupakan mal dengan tingkat okupansi yang sangat tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper