Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Tak Ganti Selisih Harga Tebus Pengusaha SPBU

Pertamina Marketing Operation Region VI Kalimantan tidak akan mengganti rugi selisih harga yang timbul apabila ada penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) oleh pemerintah.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN—Pertamina Marketing Operation Region VI Kalimantan tidak akan mengganti rugi selisih harga yang timbul apabila ada penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) oleh pemerintah.

Senior Supervisor External Relation Pertamina MOR VI Andar Titi Lestari mengatakan pihaknya memang tak mengeluarkan kebijakan mengenai ganti rugi apabila terjadi penurunan harga BBM.

“Ini kebijakan dari pemerintah, bukan dari Pertamina. Pemerintah menjelaskan harga minyak bisa berfluktuasi sesuai harga minyak dunia. Kami juga termasuk pengusaha SPBU harus melaksanakan itu,” ujarnya kepada Bisnis dalam pesan singkatnya, Rabu (21/1/2015).

Andar mengatakan fluktuasi harga BBM bergantung dari keputusan pemerintah. Kendati demikian, Pertamina memberikan waktu dua hari bagi pengusaha SPBU untuk memersiapkan diri sebelum ada pengumuman perubahan harga BBM.

"Ada dua hari persiapan yang disampaikan kepada pengusaha SPBU sebelum adanya pengumuman perubahan harga," katanya.

Sementara itu, Ketua Hiswana Migas Balikpapan Afiudin Zainal Abidin menyebutkan Pertamina sedang memertimbangkan ganti rugi bagi pengusaha SPBU yang terlanjur membeli minyak dengan harga lama.

Namun, penggantian tersebut hanya berlaku pada stok minyak yang telah dibeli yang masih berada di depot Pertamina dan sisa stok minyak yang ada di tangki SPBU.

“Itu sedang dirundingkan, kelihatannya akan diganti. Tapi ya harus jujur pengusahanya, berapa sisa volume yang ada di tangki SPBU-nya,” tukasnya.  


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper