Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wisata Bahari, PT Pelni Gagas Layanan Lets Go Karimunjawa

PT Pelni (Persero) menggagas layanan Let’s Go Karimunjawa guna mendukung misi Presiden Joko Widodo dalam menggaungkan wisata bahari nusantara dengan potensi luas laut cukup luas.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com,SEMARANG - PT Pelni (Persero) menggagas layanan Let’s Go Karimunjawa guna mendukung misi Presiden Joko Widodo dalam menggaungkan wisata bahari nusantara dengan potensi luas laut cukup luas.

Direktur Utama PT Pelni (Persero) Sulistyo Wimbo Hardjito mengatakan luas laut saat ini mencapai 3.257.483 km2 yang menjadikan Indonesia tersohor sebagai negeri bahari. Menyadari kekuatan maritim tersebut, kata dia, Presiden Joko Widodo berkomitmen untuk terus menggali potensi laut Nusantara.

”Termasuk menggaungkan pesona bahari dalam negeri,” ujar Sulistyo setelah beraudiensi dengan gubernur Jateng, Rabu (14/1/2014).

Melalui layanan tersebut, ujarnya, PT Pelni mengajak seribu penumpang untuk berlayar menikmati eksotika Pulau Karimunjawa selama tiga hari dua malam. Pelayaran perdana dilakukan pada masa liburan, pasca Idul Fitri. Untuk menarik wisatawan, pihaknya melakukan promo sejak Februari dan tidak akan mengambil profit dulu.

“Kami pernah ditanya oleh pemerintah, apa yang bisa PT Pelni kontribusikan untuk poros maritim? Kami mengupayakan wisata bahari nusantara karena kami melihat untuk wisata bahari di Indonesia ada dua kesulitan, yaitu aksesibilitas dan akomodasi,” terang Sulistyo.

Mengenai penginapan, Sulistyo menuturkan wisatawan tidak perlu memikirkannya karena salah satu keunikan layanan 'Let’s Go Karimunjawa' adalah hotel terapung atau floating hotel.
 
“Selama berlayar di Karimunjawa, penumpang tidak perlu mencemaskan perihal akomodasi. Mereka dapat menginap di kapal kami dan menikmati fasilitas makan sebanyak tiga kali per hari, mandi air hangat, dan musik,” terangnya.

Sulistyo menjelaskan perjalanan laut selama tiga hari tersebut akan memperkenalkan tiga destinasi wisata yang berbeda. Pada hari pertama, penumpang diajak untuk menyambangi hutan bakau Karimunjawa. Keesokan harinya, penumpang diajak untuk berkeliling Pulau Gosong. Mereka bisa gowes ataupun tracking menyusuri keindahan hamparan pasir putih dan jernihnya pantai. Pada hari ketiga, penumpang akan berkunjung ke Pulau Menjangan Besar dan menyaksikan secara langsung penangkaran hiu.

Ditambahkan, layanan wisata bahari 'Let’s Go Karimunjawa' ini menyediakan paket premium dan paket ekonomis atau paket hemat (PAHE). Bagi penumpang paket premium, nantinya dapat menikmati fasilitas diving dan snorkeling. Sehingga dapat menikmati keindahan ekosistem laut secara langsung.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyambut baik layanan wisata di Karimunjawa yang digagas PT Pelni dan pemerintah pusat. Dia berpesan agar marketing pandai-pandai memasarkan karena banyak keindahan yang dapat dieksplor di Karimunjawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper