Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENCARIAN AIRASIA QZ8501: Pangkalan Bun, Punya Gerbang Udara Dari dan Ke Surabaya

Temuan serpihan pesawat yang diduga terkait dengan pesawat AirAsia QZ8501 membuat Pangkalan Bun menjadi perhatian saat ini.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Temuan serpihan pesawat yang diduga terkait dengan pesawat AirAsia QZ8501 membuat Pangkalan Bun menjadi perhatian saat ini.

Berdasar informasi di wikipedia, di wilayah Pangkalan Bun ini ternyata terdapat gerbang udara yang menghubungkan kota ini dengan Surabaya.

Seperti diketahui, AirAsia QZ8501 hilang kontak dengan radar pemantau saat melakukan penerbangan dari Surabaya menuju Singapura.

Sebelumnya muncul dugaan bahwa pesawat itu jatuh di wilayah Bangka Belitung, itu sebabnya pencarian sempat dilakukan di wilayah tersebut. Dalam hal ini Pulau Nangka menjadi lokasi yang sering disebutkan.

Belakangan, seiring temuan sejumlah puing yang diduga terkait dengan pesawat tersebut, Pangkalan Bun menjadi pusat perhatian.

Meski temuan tersebut berada sekitar 700 mil dari Pangkalan Bun, tetap saja wilayah yang tak lain merupakan ibu kota Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah ini menjadi perhatian.

Pangkalan Bun adalah bagian dari Kecamatan Arut Selatan. Di wikipedia disebutkan bahwa "wilayah ini merupakan aglomerasi dari beberapa wilayah kelurahan, terutama Kelurahan Mendamai Raya, Raja, Mendawai Seberang, dan Raja."

Pangkalanbun sebelumnya dikenal sebagai Pangkalanbuun. Pelabuhan atau pangkalan di tepi Sungai Buun ini di masa lalu dikenal sebagai tempat kedudukan raja/pangeran Kerajaan Kotawaringin.

Hal itu terjadi setelah istana di Kotawaringin Lama ditinggalkan pada tahun 1841.

Istana di Pangkalanbun sendiri biasa dikenal sebagai Istana Kuning.

Kini, Pangkalanbun telah menjadi hub bagi berbagai perusahaan perkebunan dan silikultur yang memiliki lahan usaha di sekitar kota ini.

Wilayah ini bisa diakses melalui jalur darat, laut dan udara. Jalan Trans Kalimantan membuat Pangkalanbun terhubung dengan Sampit, Ketapang, dan Kota Pontianak.

Sedangkan pelabuhan Kumai menjadi koridor laut yang menghubungkan Pangkalan Bun dengan Semarang dan Surabaya.

Konektivitas udara antara Pangkalan Bun dengan sejumlah kota di Pulau Jawa seperti Jakarta, Semarang, Surabaya dan Solo terfasilitasi oleh keberadaan Bandara Iskandar.

Melalui bandara yang sama, Pangkalan Bun pun terkoneksi dengan Ketapang, Sampit, Palangkaraya, Pontianak, Banjarmasin, dan Balikpapan.

Sementara itu, Kabupaten Kotawaringin Barat adalah pintu gerbang Provinsi Kalimantan Tengah di bagian Barat. Kotawaringin Barat termasuk salah satu daerah yang disiapkan sebagai daerah kunjungan wisata.

Tak aneh jika Pangkalan Bun yang merupakan ibu kota Kabupaten ini memiliki jaringan transportasi udara, laut, sungai, maupun darat yang relatif memadai.

Terkait hilangnya AirAsia QZ8501 masih belum jelas apakah pilot memang mengarahkan pesawat naas tersebut ke Pangkalan Bun untuk upaya penyelamatan.

Hingga tulisan ini dibuat pun masih belum ada kepastian apakah serpihan yang ditemukan memang berasal dari pesawat dengan seri penerbangan QZ8501 tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : wikipedia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper