Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AIRASIA QZ8501 HILANG: Basarnas Butuh Dukungan Pendeteksi Emergency Locator Transmitter

Badan SAR Nasional (Basarnas) membutuhkan alat-alat pencarian pesawat Air Asia QZ 8501 yang diperkirakan hilang di kawasan perairan sekitar Pulau Nangka, Bangka Belitung.

Bisnis.com, JAKARTA - Badan SAR Nasional (Basarnas) membutuhkan alat-alat pencarian pesawat Air Asia QZ 8501 yang diperkirakan hilang di kawasan perairan sekitar Pulau Nangka, Bangka Belitung.

"Atas keterbatasan teknologi kita akan meminjam alat dari negara lain yang menawarkan, seperti dari Inggris, Prancis dan Amerika Serikat," kata Kepala Basarnas, Bambang Soelistyo.

Dia mencontohkan beberapa peralatan yang diperlukan adalah pendeteksi Emergency Locator Transmitter (ELT) dan alat penindaklanjut temuan.

Selain itu, Basarnas juga memerlukan tambahan kapal pendeteksi pesawat.

Tidak hanya alat, Basarnas juga memerlukan bantuan kapal dari luar negeri.

Sejauh ini, Basarnas menggunakan kapal dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang memiliki alat sonar bawah laut.

Peminjaman alat-alat itu, bermanfaat untuk mempercepat penemuan pesawat Air Asia yang hilang kontak sejak Minggu pagi tersebut.

Sejauh ini, Basarnas belum menangkap sinyal ELT pesawat Air Asia QZ 8501. ELT sendiri akan memancarkan sinyal bila sebuah pesawat mengalami kecelakaan.(ant/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper