Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IMF: Ekonomi Indonesia Berpeluang Tumbuh Lebih dari 6%

Lembaga keuangan internasional menyatakan Indonesia mempunyai peluang untuk tumbuh di atas 6% pada tahun-tahun mendatang. Syaratnya, mampu mengatasi masalah infrastruktur, tenaga kerja, dan menggenjot produktivitas di sektor pertanian.
Arys Aditya
Arys Aditya - Bisnis.com 19 Desember 2014  |  01:35 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Lembaga keuangan internasional menyatakan Indonesia mempunyai peluang untuk tumbuh di atas 6% pada tahun-tahun mendatang. Syaratnya, mampu mengatasi masalah infrastruktur, tenaga kerja, dan menggenjot produktivitas di sektor pertanian.

Division Chief of Asia and Pacific Department Interational Monetary Fund (IMF) David Cowen mengemukakan pada tahun depan, situasi tidak akan banyak berubah dari 2014.

"Konsumsi domestik tetap menjadi motor utama pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pertumbuhan investasi bisa diharapkan, tetapi tidak terlalu cepat," ungkapnya, Kamis (18/12/2014).

Kemerosotan harga minyak mentah dunia, ujar Cowen, secara matematis akan memberi keuntungan bagi Indonesia karena dapat meringankan beban neraca perdagangan sekaligus membuka ruang ekspansi fiskal.

Dia juga mendukung keinginan pemerintah untuk memperbesar utang luar negeri (ULN) yang digunakan untuk memperbaiki infrastruktur.

Pemerintah, ujar Cowen, tidak memiliki cukup dana untuk mengerjakannya sendirian. "[ULN] ini masuk akal, tapi harus diperhatikan kemampuan pemerintah dalam membayar. Harus sustainable dan berdampak lebih besar," tuturnya.

IMF sendiri dalam proyeksi terbarunya menyatakan pada 2015 Indonesia dapat tumbuh hingga 5,1% dengan defisit tranksaksi berjalan (CAD) 2,75% dan level inflasi yang sama persis seperti yang dipatok Bank Indonesia, yaitu 4% +/- 1%.

Setiap awal tahun, IMF meluncurkan Article IV Consultations yang merupakan hasil tinjauan terhadap kondisi ekonomi dan potensi masalah finansial setiap negara anggota.

Pekan ini, Cowen dan timnya merampungkan konsultasi dengan pengusaha serta otoritas fiskal dan moneter RI yang menjadi komponen dalam penyusunan Article IV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

imf pertumbuhan ekonomi indonesia
Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top