Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rekomendasi IMF untuk Indonesia Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global

-International Monetary Fund (IMF) menilai fokus pemerintah RI untuk menjaga stabilitas makroekonomi perlu diimbangi dengan reformasi struktural.
Arys Aditya
Arys Aditya - Bisnis.com 19 Desember 2014  |  01:15 WIB
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--International Monetary Fund (IMF) menilai fokus pemerintah RI untuk menjaga stabilitas makroekonomi perlu diimbangi dengan reformasi struktural.

David Cowen, Division Chief of Asia and Pacific Department IMF, mengungkapkan pentingnya upaya seperti perluasan ruang fiskal, pendalaman pasar finansial dan perbaikan infrastruktur.

Kolaborasi kedua kerangka itu, tambahnya, diperlukan untuk menangkal risiko-risiko eksternal yang besar kemungkinan akan terpapar pada 2015.

"Normalisasi moneter the Fed hanyalah satu dari beberapa risiko eksternal yang perlu diwaspadai. Tantangan lain yang tidak kalah berat muncul dari prospek perlemahan mitra perdagangan utama Indonesia, seperti Jepang dan China," jelasnya, Kamis (18/12/2014).

Selain itu, dia menyarankan pemerintah memperkuat fundamental ekonomi dengan memperbaiki iklim industri manufaktur sehingga mampu menggenjot ekspor nonkomoditas.

Untuk merespons ancaman ini, IMF menyarankan pemerintah untuk memperluas basis ekspor, membuka keran impor bahan pendukung ekspor dan meluncurkan kebijakan yang mampu mendongkrak keyakinan investor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

imf pertumbuhan ekonomi indonesia
Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top