Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GOLDEN AGRI, Raksasa Sawit Minta Ketetapan HCV & HCS

Golden Agri Resources berharap ada ketetapan yang jelas mengenai kawasan hutan stok karbon tinggi dan kawasan hutan nilai konservasi karena dapat menghalangi komitmen perusahaan itu untuk menjadi produsen minyak sawit yang bertanggung jawab dan bebas deforestasi.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 12 Desember 2014  |  22:15 WIB
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA— Golden Agri Resources berharap ada ketetapan yang jelas mengenai kawasan hutan stok karbon tinggi dan kawasan hutan nilai konservasi karena dapat menghalangi komitmen perusahaan itu untuk menjadi produsen minyak sawit yang bertanggung jawab dan bebas deforestasi.

Managing Director Communications and Sustainability Golden Agri Resources Peter Heng mengatakan ikrar Indonesian Palm Oild Pledge (IPOP) di New York, September lalu telah menjanjikan angin segar kepada pasar global bahwa empat perusahaan itu akan merealisasikan industri kelapa sawit yang berkelanjutan di Indonesia.

Dia mengatakan prinsip berkelanjutan itu dapat terhalang karena belum jelasnya ketetapan mengenai kawasan hutan stok karbon atau high carbon stock (HCS), yang secara umum didefinisikan sebagai kawasan dengan kadar karbon tinggi seperti lahan gambut.

“Minyak sawit berkelanjutan bebas deforestasi tidak dikembangkan pada gambut. Selain itu kita harus memastikan ketelusuran pada produknya,” katanya seusai konferensi Toward Deforestation Free Palm Oil in Indonesia, Jumat, (12/12/2014).

Pembukaan lahan HCS untuk perkebunan kelapa sawit diduga menyumbang tingkat produksi gas rumah kaca yang lebih tinggi yang dilepaskan ke atmosfer jika dibandingkan dengan kawasan non HCS.

Peter mengatakan pihaknya telah menyiapkan 30.000 ha kawasan potensial HCS untuk daerah konservasi yang tersebar di 18 konsesi dari total 471.536 ha sebagai salah satu bentuk mengimplementasikan ikrar itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

golden agri deforestasi
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top