Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GERAKAN INDONESIA BERSIH Ingatkan Dirut Pertamina Agar tak Jadi Boneka Mafia Migas

Dirut Pertamina Dwi Soetjipto dinilai tidak memahami sektor minyak dan gas, sehingga menuai kritik dari beberapa pihak.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie Massardi mengingatkan Dirut Pertamina Dwi Soetjipto agar tidak menjadi boneka mafia migas.

Peringatan itu disampaikan mengingat  Dwi dianggap tidak mempunyai latar belakang di sektor migas, meskipun mempunyai keahlian manajerial perusahaan dan privatisasi BUMN.

Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie Massardi mengatakan Pertamina bukan sekedar BUMN yang mengurusi minyak. Tapi juga organisasi yang mengatur dan mengelola politik perminyakan nasional.

Itulah yang perlu menjadi perhatian Dwi Soetjipto. "Ingat, dunia perminyakan [energi] itu hampir sama dengan kimia dan senjata, sarat dunia mafia," ujar Adhie kepada wartawan di Jakarta, Selasa (2/12/2014).

Karena itu, kata Adhie,  Dwi Soetjipto jika tidak waspada akan rentan terhadap permainan mafia migas. "Sebab kita tahu, mengurus minyak itu bukan hanya mengatur ekplorasi (lifting) dan memasarkan produksi minyak," tegasnya.

Dalam rangka membersihkan sektor migas Indonesia dari permainan para mafia, Presiden Joko Widodo telah mengangkat Menteri ESDM Sudirman Said yang berlatar belakang akuntan dan aktivis transaransi.

Selain itu, Menteri Sudirman juga mengangkat Faisal Basrie sebakai Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas, dan menunjuk Amin Sunaryadi, akuntan ahli forensik untuk memimpin SKK Migas.

Langkah ini dianggap sebagai upaya untuk memperbaiki tata kelola migas Indonesia secara komprehensif, sehingga memberikan manfaat ekonomi lebih besar bagi bangsa Indonesia.

Dwi sendiri dalam berbagai kesempatan siap melakukan pembenahan Pertamina agar lebih transparan, efisien dan menjadi penggerak dalam upaya Indonesia mencapai kedaulatan energi nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper