Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yayasan Dharma Bakti Astra Pertemukan UKM Manufaktur Jepang-RI

Yayasan Dharma Bhakti Astra menggelar pertemuan bisnis (business matching) antara usaha kecil menengah (UKM) mitra binaan dengan UKM manufaktur asal Fukuoka, Jepang. Pertemuan bisnis ini melibatkan 12 UKM asal Fukuoka, Jepang dan 103 UKM mitra binaan YDBA yang memproduksi komponen otomotif.
Pabrik otomotif Jepang di Indonesia/Bisnis.com
Pabrik otomotif Jepang di Indonesia/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Yayasan Dharma Bhakti Astra menggelar pertemuan bisnis (business matching) antara usaha kecil menengah (UKM) mitra binaan dengan UKM manufaktur asal Fukuoka, Jepang. Pertemuan bisnis ini melibatkan 12 UKM asal Fukuoka, Jepang dan 103 UKM mitra binaan YDBA yang memproduksi komponen otomotif.

Sekretaris Pengurus YDBA Henry C. Widjaja mengatakan kegiatan business matching membuka kesempatan bagi UKM  lokal untuk bekerja sama dengan UKM asal Fukuoka Jepang demi memperluas pasar. Selain itu, UKM manufaktur dalam negeri juga meningkatkan kompetisi teknis sehingga mampu bersaing di Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun depan.

“Kami menargetkan terjadi 2—3 kesepakatan antara UKM Jepang dan Indonesia. Proses joint venture UKM memang tak mudah terjadi karena kedua pihak harus memperhatikan kekurangan, kelebihan, dan potensi bisnis,” ujarnya di Jakarta, Kamis (13/11/2014).

Director General Department of Commerce and Industry Fukuoka Prefecture Government Immamura Shuji mengatakan industri otomotif dan manufaktur di Indonesia berkembang pesat. Beberapa UKM manufaktur Indonesia juga mampu menghasilkan produk berkualitas.

“Kami mencari UKM asal Indonesia untuk bermitra dengan UKM manufaktur asal Fukuoka selama 3 tahun. Meski belum tahu hasil pertemuan hari ini, kami berharap terjalin kerja sama di masa mendatang,” imbuhnya.

12 UKM asal Fukuoka, Jepang yang menghadiri business matching a.l. Otalite Co.Ltd., Tsukamoto Seiko Co.Ltd., Tobata Turret Co.Ltd., dan Meiho Co.Ltd. UKM tersebut memproduksi aneka produk di bidang manufaktur dan komponen otomotif, misalnya aluminium die cast, gear, resin molding, pipa radiator, dan metal plate

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper