Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menakertrans Buka Rakor Pelatihan dan Produktivitas di Bali

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hanif Dhakiri membuka secara resmi Rapat Koordinasi Bidang Pelatihan dan Produktivitas di Denpasar, Bali.
Hanif Dhakiri/
Hanif Dhakiri/

Bisnis.com, DENPASAR--Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi‎ Hanif Dhakiri membuka secara resmi Rapat Koordinasi Bidang Pelatihan dan Produktivitas di Denpasar, Bali.

Kegiatan tersebut bertujuan menginformasikan kebijakan bidang pelatihan dan ketenagakerjaan dan dihadiri 275 kepala unit pelaksana teknis daerah (UPTD) dan kepala dinas dari seluruh Indonesia.

Hanif mengatakan Kemenakertrans bertanggung jawab terhadap pembinaan sumber daya manusia, khususnya melalui pelatihan kerja.

"Peningkatan kompetensi tenaga kerja melalui proses pendidikan dan pelatihan harus terus berjalan dan dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai wujud nyata partisipasi semua pihak dalam menyiapkan manusia Indonesia," ujarnya, Kamis (13/11/2014).

‎Menurutnya, keunggulan kompetitif sebuah bangsa bukan ditentukan oleh kekayaan alam, tetapi oleh bagaimana sumber daya manusia unggul. ‎Beberapa negara maju sudahmembuktikan untuk berkembang adalah harus memiliki SDM berkualitas‎.

Dia mencontohkan Bali yang tidak hanya kaya dengan sumber daya alam, tetapi juga SDM yang kaya dan unggul dalam hal pelayanan.

"Makanya itu, kalau ada yang bicara kita hebat dan kaya raya itu cara pandang kolonial tetapi kalau SDM Indonesia kaya itu cara pandang persaingan global," tekannya.

Indonesia, lanjutnya, dengan jumlah penduduk sangat besar dan bisa menjadi mesin tenaga kerja dunia.‎ Apalagi jumlah SDM Indonesia dari segi usia produktif sangat besar, karena bonus demografi yang tidak dimiliki oleh negara-negara maju.

"Di negara- negara lain mereka punya SDM handal tetapi usianya semakin berkurang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper