Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembebasan Seksi I Tol Cisumdawu Tunggu Izin Menteri

Pemerintah Provinsi Jawa Barat secara resmi sudah mengajukan permohonan pengalihan pembebasan lahan Seksi I Tol Cisumdawu oleh PT Jasa Sarana ke Kementerian Perhubungan.

Bisnis.com, BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat secara resmi sudah mengajukan permohonan pengalihan pembebasan lahan Seksi I Tol Cisumdawu oleh PT Jasa Sarana ke Kementerian Perhubungan.
 
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan permohonan tersebut sudah diajukan pihaknya sekitar tiga pekan lalu pada kementerian.

Pengalihan pembebasan lahan seksi I menurutnya bisa jauh lebih efektif jika dilakukan Pemprov melalui BUMD PT Jasa Sarana. “Persetujuannya saya belum paham, tapi pengajuannya sudah,” katanya, Senin (27/10).
 
Pihaknya mengakui pembebasan lahan yang dilakukan PT Jasa Sarana masih lambat namun tidak mengurangi komitmen pihaknya untuk mengambil alih trase Cileunyi-Tanjung Sari yang saat ini masih mangkrak.

“Meski agak lambat, tapi kami apresiasi karena [Jasa Sarana] ini ibaratnya swasta, tugas membebaskan lahan kan tugas pemerintah. Ini sudah terobosan,” katanya.
 
Menurutnya sebelum diambil alih Jasa Sarana, pembebasan lahan di luar seksi I sudah menunjukan berbagai perkembangan.

Pada awal, tindakan yang dipilih oleh Pemprov Jabar ini mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. “Namun pada perjalanannya agak lambat, tapi kami akan gesa, mudah-mudahan dalam waktu cepat diselesaikan,” ujarnya.
 
Heryawan memastikan kemampuan Jasa Sarana untuk membebaskan lahan masih kuat terlebih PT Citra Marga Nusaphala Persada (PT CMNP) sudah memberikan komitmen dukungan dana. Kesanggupan itu sudah disampaikan CMNP pada Pemprov Jabar secara tertulis.

“Jadi tidak ada alasan kalau [Seksi I] tidak diberikan, mudah-mudahan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper