Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

New Media Tower, Gedung Paling Hemat Energi

New Media Tower, salah satu bangunan di Universitas Multimedia Nasional mendapatkan penghargaan juara pertama sebagai Energy Efficient Building karegori Tropical Building dalam Asean Energy Award.
Fatia Qanitat
Fatia Qanitat - Bisnis.com 06 Oktober 2014  |  15:33 WIB
Lampu hemat energi untuk gedung perkantoran - Bisnis
Lampu hemat energi untuk gedung perkantoran - Bisnis

Bisnis.com, TANGERANG--New Media Tower, salah satu bangunan di Universitas Multimedia Nusantara mendapatkan penghargaan juara pertama sebagai Energy Efficient Building karegori Tropical Building dalam Asean Energy Award.

Sebelumnya, tower tersebut juga dinilai sebagai gedung hemat energi terbaik dalam Penghargaan Efisiensi Energi Nasional 2013.

Mengingat jumlah energi terbatas dan semakin lama semakin mahal, pihaknya menilai pembangunan gedung hemat energi merupakan sebuah keharusan.

“Dengan demikian, komponen biaya energi yang menjadi bagian paling besar dalam biaya operasional bisa ditekan. Desain kampus ini berusaha memaksimalkan pemanfaatan energi alami,” ungkap Wakil Rektor UMN Andrey Andoko dalam konferensi pers, Senin (6/10/2014).

Pemanfaatan doble skin façade, penutup gedung yang terbuat dari aluminium yang telah dimodifikasi, membantu mengurangi panas hingga 70%, dan memaksimalkan keberadaan cahaya. Dengan begitu, pemanfaatan lampu dan AC dapat diminimalisasi.

Antonius Suryadi dari Building Managemen UMN mengungkapkan jumlah penggunaan cahaya di gedung tersebut tercatat hanya 53,25 kWh/m2/tahun, di mana syarat maksimal pemanfaatan listrik untuk mengikuti perlombaan di Asean tersebut adalah 200 kWh/m2/tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gedung
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top