Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2016, LG Bidik Pangsa Pasar TV 4K Hingga 35%

Pamor televisi ultra high definition 4K diyakini terus menanjak hingga dua tahun ke depan. Sejalan dengan itu LG membidik pangsa pasar televisi sekitar 35% pada 2016.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Pamor televisi ultra high definition 4K diyakini terus menanjak hingga dua tahun ke depan. Sejalan dengan itu LG membidik pangsa pasar televisi sekitar 35% pada 2016.

Direktur Penjualan PT LG Electronics Indonesia Budi Setiawan mengatakan sepanjang tahun ini pasar televisi LED nasional mencapai 4,5 juta unit. Dari jumlah itu perseroan membidik pangsa pasar 30%.

“Kami yakin, pangsa pasar 35% pada 2016, karena kammi punya teknologi, kapasitas produksi, jaringan distribusi terluas dan layanan purna jual merata,” katanya kepada Bisnis, Kamis (25/9/2014).

Televisi sendiri merupakan produk elektronika yang menjadi tulang punggung penjalan LG di Indonesia. Kontribusi si layar kaca terhadap total penjualan perseroan mencapai 50% disusul kulkas sekitar 30%, dan selebihnya berasal dari mesin cuci maupun AC.

Presiden Direktur PT LG Electronics Indonesia mengaku siap menghadapi persaingan di pasar elektronika televisi berbekal kelengkapan varian produk serta cakupan jaringan penjualan dan purnajual. “Kami ingin bisa meraup lebih dari separuh pasar Ultra HD televisi,” katanya.

Untuk memperkuat penjualan televisi, LG meluncurkan Ultra High Definition (UHD) 4K yang dijual Rp200 jutaan per unit. Televisi 3.840 x 2.160p ini menawarkan rangkaian piksel yang sebanding dengan resolusi empat kali lipat Full HD TV 1.920 x 1.080p.

Seluruh koleksi televisi UHD 4K LG dilengkapi high efficiency video codec berpadu dengan sambungan HDMI 2.0. Fitur ini memudahkan pengguna menikmati video maupun foto beresolusi UHD dari media penyimpanan luar, seperti flash disk.

Codec tersebut membuat pengguna bisa langsung menikmati UHD dengan mencolokkan perangkat penyimpanannnya ke televisi. Dengan kata lain pengguna tidak membutuhkan bantuan program konversi via komputer.

Selain itu LG juga melengkapi UHD televisi mereka dengan fitur DVB-T2. Perangkat ini membuat televisi UHD LG bisa menangkap siaran digital sesuai standar yang akan dianut di Indonesia. Hal ini sejalan dengan akan hadirnya era siaran televisi digital di Tanah Air.

“Televisi UHD akan menjadi tren utama dan tolak ukur bagi resolusi tayangan dan televisi dalam beberapa tahun ke depan,” ucap Young Lee.

LG UHD 4K masuk ke pabrikan di dalam negeri pada Juni 2014. Lantas pada Juli mulai dilepas ke pasar domestik. Pada Agustus produk ini menguasai 55% pasar televisi premium.

LG meyakini penjualan televisi UHD akan terus tumbuh walaupun keseluruhan pasar televisi menunjukkan tren susut. Segmen UHD pada tahun lalu tak sampai menguasai 1% dari total market televisi lantas tumbuh 200 kali lipat pada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper