Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 3 Kendala Utama Perkembangan UKM

Sektor usaha kecil menengah (UKM) memegang peranan penting dalam perekonomian negara. Sektor UKM memiliki pasar yang luas dan mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Bisnis.com, JAKARTA--Sektor usaha kecil menengah (UKM) memegang peranan penting dalam perekonomian negara. Sektor UKM memiliki pasar yang luas dan mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Di samping besarnya peluang, ada beberapa tantangan yang harus diketahui oleh pelaku UKM. 

Presiden Director PT Bahana Artha Ventura Andi mengatakan ada beberapa kendala yang menghadang pelaku UKM untuk mengembangkan bisnis, yaitu permodalan, administrasi, dan teknologi.

"Kendala utama yang dihadapi UKM adalah modal. Karena masih berstatus bisnis mikro dan kecil, terkadang mereka tak dilirik lembaga perbankan. Di sinilah perusahaan modal ventura bergerak," ujarnya ketika ditemui di Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Selain modal, Andi menuturkan hambatan lain yang sering menjadi kendala para UKM adalah manajemen administrasi.

"Pelaku UKM banyak yang belum mengerti disiplin administrasi. Selain tak tahu cara membuat laporan keuangan, mereka malah mencampuradukkan antara pengeluaran pribadi dan perusahaan," imbuhnya.

Masalah terakhir yang dihadapi oleh pelaku UKM adalah pemanfaatan teknologi. Menurutnya, teknologi dan penelitian biasanya dilakukan oleh kalangan perguruan tinggi.

"UKM baiknya bersinergi dengan perguruan tinggi sehingga hasil teknologi dan penelitian bisa dimanfaatkan secara maksimal," katanya.

Meski banyak hambatan, Andi optimis bisnis UKM akan terus mengalami perkembangan. "Pasarnya masih luas. Makanya, kami coba mengajak mitra UKM untuk maju lewat suntikan permodalan dan program pendampingan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper