Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Elektronika: Kemenperin Sarankan Taiwan Bangun Pabrik di Jabar

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menawarkan kawasan Jawa Barat sebagai lokasi investasi.n
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Investor asal Taiwan menemui Wakil Menteri Perindustrian Alex S.W. Retraubun untuk mengemukakan rencana membangun kawasan industri elektronika di Indonesia.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menawarkan kawasan Jawa Barat sebagai lokasi investasi. Sektor industri unggulan yang kini ada di provinsi ini di antaranya a.l. tekstil dan produk tekstil (TPT), alas kaki/sepatu, telematika, dan komponen otomotif.

“Kita harus akui sekarang Indonesia menjadi sasaran destinasi investasi internasional. Investor percaya kepada Indonesia sehingga mereka datang berjamaah. Kondisi Indonesia kondusif,” ucap Alex, di Jakarta, Selasa (12/8/2014).

Investor yang hadir di antaranya Shinfox Co., Ltd., CPC Corporation, Sino-Indonesia Cultural & Economic Associatio, serta Kamar Dagang Indonesia-Taiwan. Ini merupakan penjajakan tahap awal sehingga belum membicarakan lebih rinci terkait nilai investasi yang siap digulirkan.

Sejumlah pengusaha asal Taiwan mendatangi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk menyampaikan rencana investasi mereka di Indonesia.

Sektor yang dibidik tidak hanya komponen elektronika melainkan pula petrokimia dan tenaga surya. 

Alex menyampaikan sejumlah fasilitas insentif fiskal yang disediakan pemerintah Indonesia, seperti tax holiday dan tax allowance.

Aturan mengenai tax holiday diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 130/PMK.011/2011.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper