Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SURVEI BANK INDONESIA: Pertumbuhan Penjualan Eceran Melambat

Hasil survei penjualan eceran kuartal II/2014 yang dirilis Bank Indonesia menunjukkan perlambatan pertumbuhan penjualan eceran.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 11 Agustus 2014  |  21:59 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil survei penjualan eceran kuartal II/2014 yang dirilis Bank Indonesia menunjukkan perlambatan pertumbuhan penjualan eceran.

Direktur Eksekutif Departemen BI, Tirta Segara mengungkapkan perlambatan tercermin dari pertumbuhan Indeks Penjualan Riil (IPR) pada Juni 2014 sebesar 8,6% year on year, lebih rendah dari bulan sebelumnya yang sebesar 14,7% y-o-y.

“Perlambatan pertumbuhan didorong oleh menurunnya pertumbuhan penjualan riil kelompok makanan, minuman dan tembakau dari 17,9% menjadi 7,5% secara year on year,” katanya, Senin (11/8/2014).

Kelompok bahan bakar kendaraan juga menunjukkan perlambatan dari 19,1% y-o-y menjadi 10,2% y-o-y. Perlambatan terjadi di 5 kota dari 10 kota yang disurvei oleh Bank Indonesia, terbesar di Bandung.

Dia menjelaskan ekspektasi penjualan eceran pada Juli meningkat seiring Hari Raya Idulfitri dan program diskon tengah tahun. Indeks penjualan eceran meningkat menjadi 177,3. Hampir seluruh kelompok komoditas diperkirakan terjadi ekspansi penjualan.

Survei juga mengindikasikan bahwa ekspektasi terhadap tekanan harga pada 3 bulan mendatang, yakni pada September 2014 diperkirakan menurun.

Tirta menilai indikasi penurunan terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang sebesar 138,3, turun 11,8 poin dibandingkan bulan sebelumnya. Penurunan tersebut diperkirakan akibat konsumsi masyarakat pasca Hari Raya Idulfitri yang kembali normal.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia tirta segara penjualan eceran melambat
Editor : Yusran Yunus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top