Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ARUS BALIK LEBARAN: Pelabuhan Bakauheni Mulai Ramai lagi

Arus balik dari Pulau Sumatra ke Jawa melalui Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, sepanjang dua hari sesudah Lebaran hingga Kamis (31/7) mencapai 51.844 orang, baik penumpang pejalan kaki maupun pengguna kendaraan roda dua dan empat.

Bisnis.com, BAKAUHENI - Arus balik dari Pulau Sumatra ke Jawa melalui Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, sepanjang dua hari sesudah Lebaran hingga Kamis (31/7) mencapai 51.844 orang, baik penumpang pejalan kaki maupun pengguna kendaraan roda dua dan empat.

Manajer Usaha PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, mengatakan penumpang arus balik itu terdiri dari 11.798 orang pejalan kaki dan 40.046 orang penumpang dalam kendaraan.

"Artinya jumlah pemudik yang sudah kembali sebanyak 149.050 orang. Sedangkan yang belum kembali sebanyak 482.585 orang lagi," katanya.

Jumlah pemudik Jawa ke Sumatra atau dari Merak Banten menuju Bakauheni Lampung sebanyak 631.917 orang.

"Pemudik itu yang sudah kembali pada arus balik ini baru mencapai 24,5%, sehingga mereka yang belum kembali masih 75,5%".

Sedangkan untuk kendaraan roda dua yang sudah kembali ke Jawa masih mencapai 15.251 unit, sehingga yang belum kembali 48,296 unit.

"Jadi yang sudah kembali baru 26% dari kendaraan roda dua pada arus mudik lalu sebanyak 61.686 unit," ujarnya.

Kendaraan roda empat dan lebih pada arus mudik yang sudah kembali sebanyak 16.683 unit, sedangkan yang belum kembali 54.733 unit.

Mobilitas pemudik Lebaran setiap tahun yang berlayar di Selat Sunda melalui Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni-Merak dan sebaliknya, selalu padat berlangsung pada sepekan menjelang dan sepekan sesudah Lebaran.(ant/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper