Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Mudik Di Merak Tahun Ini Meningkat Tipis

Jumlah penumpang yang menyeberang melalui Pelabuhan Merak pada lebaran tahun ini meningkat 0,4% jika dibandingkan dengan tahun lalu.
Pelabuhan Merak/Bisnis
Pelabuhan Merak/Bisnis
Bisnis.com, Cilegon-Jumlah penumpang yang menyeberang melalui pelabuhan Merak pada lebaran tahun ini hanya meningkat 0,4% jika dibandingkan dengan tahun lalu.
 
Sejak H-7 hingga H-1 Lebaran 2014 ini, tercatat 527.552 pemudik menyeberang ke Sumatra, sementara pada periode yang sama pada 2013, jumlah pemudik mencapai 525.658 orang.
 
Untuk kendaraan roda dua, sejak H-7 hingga H-1 tahun ini, tercatat 54.757 unit motor atau meningkat 2% dibandingkan dengan tahun lalu yang tercatat 53.668 unit motor.
 
Begitupun untuk kendaraan roda empat atau lebih yang meningkat 4.2% dari 56.429 unit kendaraan pada 2013 menjadi 58.774 unit kendaraan pada tahun ini.
 
Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak pada 2014 ini seluruhnya terjadi pada H-3, di mana 137.582 orang, 18.940 unit motor, dan 12.495 unit kendaraan roda empat atau lebih diseberangkan dengan lancar dan selamat menuju Bakauheni, Lampung.
 
Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Christine Hutabarat mengatakan kendati sempat terjadi kepadatan pada H-4 dan H-3, secara umun kondisi arus mudik di Pelabuhan Merak lancar.
 
Kapal yang beroperasi rata-rata 29 unit per hari mampu menyeberangkan pemudik relatif lebih cepat dari tahun sebelumnya.
 
"Meskipun jumlah pemudik meningkat tahun ini, tapi kami bisa menyeberangkan seluruh penumpang lebih cepat dari tahun lalu. Penambahan armada berkapasitas besar, perluasan area parkir pelabuhan, dan strategi optimalisasi kapal dan dermaga yang kami lakukan berhasil mengurangi waktu tunggu pengguna jasa untuk masuk kapal dan diseberangkan ke Sumatera," katanya melalui siaran pers, Senin (28/7/2014).
 
Menurut Christine, keberhasilan angkutan mudik Pelabuhan Merak tahun ini juga tidak lepas dari komitmen berbagai pihak yang bekerja sama di lapangan, Koordinasi yang baik dengan TNI dan Polri, OPAP, Syahbandar, BMKG, Basarnas, petugas kesehatan, Gapasdap dan komitmen seluruh karyawan perusahaan yang menjadi kunci pelayanan arus mudik di Pelabuhan Merak lebih baik pada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper