Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INDUSTRI ALKES: Kinerja Semester I/2014 Tumbuh Tipis

Gabungan Perusahaan Alat Kesehatan dan Laboratorium Indonesia (Gakeslab) menyatakan kinerja paruh pertama 2014 hanya tumbuh 5% dibandingkan dengan semester I/2013 sebesar 10%.
David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 15 Juli 2014  |  01:20 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Gabungan Perusahaan Alat Kesehatan dan Laboratorium Indonesia (Gakeslab) menyatakan kinerja paruh pertama 2014 hanya tumbuh 5% dibandingkan dengan semester I/2013 sebesar 10%.

Titah Sihdjati Riadhie, Ketua Umum Gakeslab, mengatakan kinerja tahun ini tumbuh akibat sisa pemesanan pada 2013. Menurutnya jika sisa pemesanan tidak terjadi maka kinerja semester ini dipastikan stagnan.

“Pemilu juga menjadi faktor yang menyebabkan kinerja kami tidak bergairah. Ditambah lagi faktor nilai tukar rupiah dan lemahnya daya saing industri alkes nasional,” tuturnya kepada Bisnis.com, Senin (14/7/2014).

Melihat kondisi ini, kinerja total 2014 diproyeksi tidak tumbuh melebihi 10% yang sama dengan tahun lalu. Harapan untuk industri alkes nasional untuk tumbuh sebesar 20% seperti pada 2012 – 2013 masih belum dapat diraih.

Titah mengungkapkan, akibat beberapa kendala tersebut konsumsi alkes nasional yang mencapai Rp7 triliun pada 2014 hanya dinikmati 5% oleh industri dalam negeri.

“Tidak usah muluk-muluk, jika dukungan pemerintah nyata kita bisa menikmati pangsa pasar nasional sebesar 30%,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

alkes
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top