Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DESAIN INTERIOR: Ceria dengan Motif Kontras

Karpet bermotif kotak dan berwarna-warni menjadi bagian dekorasi rumah, fashion blogger Diana Rikasari. Saya melihat penataan rumah Diana dari sebuah media sosial, Instagram beberapa waktu lalu.
Ada tiga meja berukuran besar hingga kecil, disusun bersebelahan dengan warna dan motif bunga yang terang. /BISNIS.COM
Ada tiga meja berukuran besar hingga kecil, disusun bersebelahan dengan warna dan motif bunga yang terang. /BISNIS.COM

Bisnis.com, JAKARTA - Karpet bermotif kotak dan berwarna-warni menjadi  bagian dekorasi rumah, fashion blogger Diana Rikasari. Saya melihat penataan rumah Diana dari sebuah media sosial, Instagram beberapa waktu lalu.

Diana memasukkan foto bagian-bagian rumahnya yang dia desain dengan padu padan warna serta motif yang menarik. Di ruang kosong bawah tangga, misalnya, Diana mendekorasi ruang tersebut menjadi pojok duduk yang menarik. Ada karpet bermotif houndstooth berwarna hitam dan putih.

Di atasnya terdapat sofa dengan material kayu dengan dua bantal bermotif kontras. Di salah satu ujung sofa, disampirkan selembar kain rajutan dengan motif kotak-kotak berwarna-warni. Peletakkan meja di samping sofa tersebut tidak kalah menarik perhatian.

Ada tiga meja berukuran besar hingga kecil, disusun bersebelahan dengan warna dan motif bunga yang terang.

Tidak hanya itu, Diana meletakkan ornamen patung kaca berbentuk kepala manusia di atas meja. Patung kaca tersebut dihias dengan topi besar berwarna merah muda dan pita hitam. Di sampingnya diletakkan patung sejenis burung dengan warna merah muda  mencolok.

Semua gabungan material dan corak di tengah ruangan itu dinilai memberikan kesan ruangan menjadi lebih terang dan segar. Penambahan beberapa tanaman segar menambah rumah ini juga lebih sejuk dipandang.

Farida Gunadi, arsitek dan desainer interior independen memberikan beberapa masukan tentang mendesain ruang menggunakan padu padan material dan motif yang berbeda. “Yang pertama adalah harus tetap eye catching atau menarik, pengunaan material dan motif yang berbeda harus membuat suasana tetap nyaman, hidup dan menyenangkan,” tutur Farida.

Farida juga menjelaskan, pengunaan motif walaupun bertabrakan tetapi harus dalam satu tema, sehingga kedua motif ini tetap saling mendukung. Untuk pemilihan warna pun tidak jauh berbeda, pengunaan warna senada atau berbeda tidak ber penga ruh, asal warna-warna tersebut tetap saling mendukung suasana dan menimbulkan efek ruangan seolah menjadi lebih luas.

Farida menyarankan untuk menambah unsur material alam, seperti kaca untuk menimbulkan suasana ruang lebih nyaman. “Intinya yang harus diperhatikan dalam mendekorasi ruangan yang menggunakan tabrak motif adalah material, warna, suasana nyaman dan membuat ruangan terlihat lebih luas,” tutur Farida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agnes Savithri
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper