Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Farmasi, Combiphar Jalin Kemitraan Strategis dengan Dong-A ST, Korea

Combiphar, perusahaan consumer healthcare terkemuka di Indonesia, menjalin kerja sama strategis dengan Dong-A ST (Dong-A), salah satu perusahaan farmasi terkemuka di Korea.
 Michael Wanandi, CEO Combiphar dan Chan-il Park, CEO of Dong-A ST berjabat tangan setelah penandatanganan perjanjian kerjasama/Jibi
Michael Wanandi, CEO Combiphar dan Chan-il Park, CEO of Dong-A ST berjabat tangan setelah penandatanganan perjanjian kerjasama/Jibi

Bisnis.com, JAKARTA - Combiphar, perusahaan consumer healthcare terkemuka di Indonesia, menjalin kerja sama strategis dengan Dong-A ST (Dong-A), salah satu perusahaan farmasi terkemuka di Korea.

Kerja sama itu diyakini membuka peluang pertumbuhan baru di industri farmasi Indonesia.

Selain itu, Combiphar dan Dong-A ST akan melakukan investasi bersama sejumlah US$16,5 juta untuk membangun dan mengoperasikan fasilitas produksi produk biologi.

"Melalui kerjasama strategis ini Combiphar dan Dong-A ST mengembangkan potensi pasar farmasi Indonesia dengan memaksimalkan sumber daya internal Combiphar secara cepat dan efektif," ujar Dirut PT Combiphar Michael Wanandi, dalam keterangan tertulis, Kamis (10/7).

Dia menambahkan dengan kerja sama itu Combiphar akan mampu mencapai visi dan strateginya  untuk menjadi perusahaan healthcare terkemuka.

Tidak hanya melalui lisensi beberapa produk inovatif Dong-A, tetapi yang terpenting mendapatkan transfer teknologi pembuatan berbagai produk biologi  yang dimiliki Dong-A, sebagai ilmu pengetahuan yang berharga bagi perusahaan dan Indonesia.

Kerja sama itu akan mencakup transfer teknologi  untuk fasilitas produksi produk biologi, termasuk akses ke penelitian dan pengembangan beserta portofolio produk-produk Dong-A.  

Kerjasama strategis ini secara resmi ditandangani pada 3 Juli 2014 di Seoul, Korea oleh direktur utama kedua perusahaan,  sebagai kelanjutan dari penandatanganan nota kesepakatan antara kedua presiden komisaris pada 10 Februari 2014 di Jakarta.

Shin-ho Kang, Chairman dari Dong-A Socio Group mengatakan hubungan kepercayaan yang mendalam antara kedua perusahaan didasari dengan semangat kemitraan untuk keberhasilan kolaborasi dalam menciptakan mesin pertumbuhan baru di tengah pasar farmasi Indonesia.

"Dalam industri farmasi global, Indonesia merupakan salah satu pasar farmasi dengan pertumbuhan tercepat."

Menurutnya, Dong-A ST menandatangani perjanjian kerjasama Strategic Alliance and Business Collaboration bersama Combiphar sebagai upaya untuk mewujudkan visi Global Dong-A ST untuk mencapai pertumbuhan jangka menengah dan panjang di pasar global.

Sesuai dengan visi dari aliansi strategis ini, Combiphar akan membentuk sebuah unit usaha khusus yang berfokus pada pengembangan bisnis, pengelolaan portofolio produk, registrasi dan komersialisasi produk Dong-A, serta kerjasama bidang riset dan pengembangan dalam beberapa dekade ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper