Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei BI: Indeks Keyakinan Konsumen Turun Tipis

Bank Indonesia kembali merilis survei konsumen Juni 2014 yang menunjukkan keyakinan konsumen yang sedikit melemah dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Bisnis.com, JAKARTA—Bank Indonesia kembali merilis survei konsumen Juni 2014 yang menunjukkan keyakinan konsumen yang sedikit melemah dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara mengungkapkan indeks keyakinan konsumen (IKK) Juni 2014 tercatat sebesar 116,3, sedikit lebih rendah dari bulan sebelumnya sebesar 116,9.

“Pelemahan tersebut terutama didorong oleh menurunnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dibandingkan dengan kondisi ekonomi 6 bulan yang lalu,” ungkapnya, Kamis (3/7/2014).

Secara triwulanan, rata-rata IKK kuartal II/2014 sebesar 115,7, lebih rendah dibandingkan 117,0 pada Triwulan I-2014. Selain itu, hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga akan berkurang pada 3 bulan mendatang (September 2014).

Menurutnya, hal tersebut ditengarai seiring dengan kembali normalnya permintaan dan pasokan barang pasca hari raya Idul Fitri.

Di sisi lain, tekanan kenaikan harga pada 6 bulan mendatang (Desember 2014) diperkirakan mengalami peningkatan didorong oleh meningkatnya permintaan menjelang Natal dan Tahun Baru serta penurunan subsidi pemerintah untuk tarif tenaga listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper