Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BUS BANDARA: Akibat Merugi, Damri Tutup 3 Rute

Perum Damri akhirnya menutup tiga rute menuju dan dari Bandara Soekarno-Hatta yakni Season City, Cibubur dan Sukabumi. Pasalnya, rute-rute tersebut tidang menguntungkan, merugikan dan tidak berijin Kementerian Perhubungan.
Rute Season City saat ini tidak menguntungkan. /bisnis.com
Rute Season City saat ini tidak menguntungkan. /bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Perum Damri akhirnya menutup tiga rute menuju dan dari Bandara Soekarno-Hatta yakni Season City, Cibubur dan Sukabumi. Pasalnya, rute-rute tersebut tidang menguntungkan, merugikan dan tidak berijin Kementerian Perhubungan.

Sekretaris Perum Damri, Ali Umar mengatakan penutupan rute-rute Damri ke bandara Soekarno-Hatta karena rute tersebut prospeknya tidak berkembang pesat, seperti rute Seasion City, yang ditutup 3 bulan lalu.

"Rute Season City kami tutup karena penumpangnya sedikit. Dalam 1 hari satu rute rata-rata hanya dapat kurang lebih 2-5 orang penumpang terkadang hanya 1 orang penumpang. Jauh di luar target yang ditentukan dan kurang berpotensi," katanya kepada Bisnis.com, Selasa (20/5/2014).

Dua rute lainnya, seperti Cibubur-Bandara Soekarno Hatta dan Sukabumi-Bandara Soekarno Hatta nasibnya kurang lebih sama dengan rute Season City. Secara teknis sudah ditutup karena prospek yang kurang, dan faktor kendala belum dapat perijinan Kementerian Perhubungan.

Rute Season City saat ini tidak menguntungkan. Pendapatan yang didapatkan dari rute ini hanya menutupi biaya operasional Damri. Untuk biaya perawatan fisik kendaraan dan gaji masih dibebankan dari perusahaan melalui subsidi. Secara keseluruhan damri justru cenderung merugi.

Dari segi jumlah penumpang di Bandara Soekarno Hatta selalu berubah-ubah tergantung dengan kondisinya. Jika hari biasa rata-rata Damri hanya bisa mengangkut kurang lebih 10 orang penumpang. Lain halnya dengan masa liburan bisa lebih dari itu. Tapi secara keseluruhan daya angkutnya rata-rata sepi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fitri Rachmawati
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper