Perizinan Minerba Dipangkas, Paling Cepat 2 Minggu

Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akhirnya memangkas proses perizinan di sektor Minerba.
Lukas Hendra TM
Lukas Hendra TM - Bisnis.com 16 Mei 2014  |  15:53 WIB
Perizinan Minerba Dipangkas, Paling Cepat 2 Minggu
Menteri ESDM Jero Wacik - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akhirnya memangkas proses perizinan di sektor Minerba.

Kepala Bagian Perencanaan dan Pelaporan Ditjen Minerba, Sujatmiko mengungkapkan bila pihaknya telah memangkas perizinan di sektor minerba, antara lain pemohon kini tidak perlu lagi mendatangi direktorat teknis.

“Dulu masing-masing pemohon mendatangi direktorat masing-masing. Kini kita satukan perwakilan dari direktorat ke satu ruangan di Ditjen Minerba,” ujarnya, Jumat (16/5/2014).

Sementara itu, Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia mengungkapkan bila proses perizinan di sektor minerba kini relatif cepat, tetapi tergantung di tiap-tiap daerah.

Menurutnya, proses paling cepat biasanya sekitar 2 minggu. Namun, khusus untuk izin eksplorasi, justru yang paling rumit. Pasalnya, izin perhutanan yang mengatur di luar Kementerian ESDM. “Ini biasanya memakan waktu berbulan-bulan. Praktek di lapangan, perijinan inilah yang membuat rumit,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
minerba

Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top