Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Mudik Gratis dengan Kereta Api? Simak Informasi Ini

PT Kereta Api Indonesia, pada masa angkutan Lebaran 2014 akan mengoperasikan 2 rangkaian kereta api (KA) khusus untuk angkutan sepeda motor bagi pemudik yang ingin merayakan libur Idul Fitri 1435 H. Pengoperasian 2 rangkaian KA itu akan dilaksanakan mulai H-8 atau Minggu (20/7) sampai dengan H+4 atau Sabtu (2/8)

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia, pada masa angkutan Lebaran 2014 akan mengoperasikan 2 rangkaian kereta api (KA) khusus untuk angkutan sepeda motor bagi pemudik yang ingin merayakan libur Idul Fitri 1435 H.

Pengoperasian 2 rangkaian KA itu akan dilaksanakan mulai H-8 atau Minggu (20/7) sampai dengan H+4 atau Sabtu (2/8).

Setiap harinya, masing-masing satu rangkaian akan di operasikan di lintas utara (jurusan Jakarta Gudang-Semarang Poncol, pemberhentian di Stasiun Cirebon dan Tegal) dan lintas selatan (jurusan Jakarta Gudang-Solo Jebres dan tempat pemberhentian di Stasiun Kutoarjo dan Lempuyangan Yogyakarta).

"Untuk lintas utara, rangkaian KA ini terdiri dari 7 gerbong barang dan 1 gerbong pembangkit, dan untuk lintas selatan akan membawa 8 gerbong barang dan 1 gerbong pembangkit, dengan kapasitas masing-masing gerbong mampu menampung 42 sepeda motor,” tutur Manager Humas PT KAI Daop V Purwokerto Surono,  Senin (12/5).

Dia menerangkan dari sebanyak 8 gerbong yang ada pada KA pengangkut sepeda motor lintas selatan itu, masing-masing 3 gerbong dengan kapasitas 126 motor dialokasikan tujuan Kutoarjo, 2 gerbong kapasitas 84 motor tujuan Lempuyangan, dan 3 gerbong lainnya dengan kapasitas 126 motor untuk tujuan Solo Jebres.

Menurutnya setiap motor yang dikirimkan melalui program yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan tersebut tidak dikenakan biaya atau gratis.

"Selain itu, setiap pemudik yang mengirimkan motornya melalui Program Mudik Motor Gratis ini akan diberi prioritas 4 seat penumpang setiap 1 motor," tuturnya.

Surono mengatakan kereta api yang disediakan bagi pemudik tersebut adalah KA Mantab Lebaran untuk lintas utara dan KA Kutojaya Utara Lebaran untuk lintas selatan.

Waktu perjalanannya dijadwalkan mulai H-7 atau Senin (21/7) hingga H-3 Lebaran atau Jumat (25/7) untuk angkutan mudik. Sedangkan saat angkutan balik, akan dimulai pada H+3 atau Jumat (1/8) hingga H+7 Lebaran atau Selasa (5/8).

"Pendaftaran dan penjualan tiket penumpangnya. akan dibuka selama 5 hari, mulai Rabu (14/5) hingga Minggu (18/5) di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan Jakarta,” ujarnya.

Sedangkan pendaftaran pada tahap II, yakni hanya motor saja dan tidak berikut penumpangnya, akan dibuka mulai Jumat (1/7) hingga Senin (11/7) di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan dan stasiun pemberangkatan, seperti Jakarta Gudang, Kutoarjo, Lempuyangan, Solo Jebres, Cirebon, Tegal dan Semarang Poncol.

Pihaknya mengingatkan, bagi pemudik yang hendak mengikuti program mudik motor gratis tersebut, wajib memenuhi persyaratan angkutan motor dengan kereta api, diantaranya mengosongkan tanki bensin/bahan bakar dan menunjukkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), serta wajib membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) saat pendaftaran.

"Diharapkan para pemudik yang biasanya menggunakan sepeda motor saat mudik lebaran akan memanfaatkan layanan KA angkutan motor ini. Selain mengurangi kepadatan di jalan raya juga akan meminimalisasi resiko kecelakaan," tuturnya.

Sementara, Manager Humas, Daop IV Semarang PT Kereta Api Indonesia, Eko Budiyanto mengatakan bahwa untuk wilayah Jawa, KAI tengah menyiapkan 293 rangkaian KA Reguler, 18 KA Tambahan Komersial, serta 14 KA Ekonomi Subsidi (PSO) dengan ketersediaan tempat duduk sebanyak 197.136 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper