Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lonsum Diminta Bangun Industri Hilir CPO di Sumsel

PT London Sumatra Tbk, sayap bisnis Grup Salim di sektor perkebunan, diminta agar mengembangkan industri hilir minyak sawit mentah di Provinsi Sumsel.

Bisnis.com, PALEMBANG – PT London Sumatra Tbk, sayap bisnis Grup Salim di sektor perkebunan, diminta agar mengembangkan industri hilir minyak sawit mentah di Provinsi Sumsel.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan sudah seharusnya London Sumatra (Lonsum) membuat penghiliran dari crude palm oil (CPO).

“Saya sudah sampaikan [minta] ada industri hilir sawit di Sumsel, jangan mentahnya diekspor terus,”katanya usai pertemuan dengan pihak Lonsum dalam rangka persiapan operasi katarak gratis di Palembang, Kamis (24/4/2014).

Menurut Alex, Sumsel sudah memiliki lokasi strategis sebagai pusat industri hilir, yaitu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api (TAA) di Kabupaten Banyuasin.

Dia mengatakan meski perpres untuk kawasan itu belum ditandatangani presiden, namun pihaknya masih optimistis KEK TAA segera terealisasi sehingga perusahaan perkebunan sawit, seperti Lonsum,bisa segera membangun pabrik pengolahan di sana.

Sementara itu President Comissioner PT PP London Sumatra Indonesia Franciscus Welirang mengatakan pihaknya akan mempertimbangkan permintaan gubernur itu.

“Memang saat ini belum ada, kami harapkan nanti ada pabriknya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper