Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsultan Jepang Tawarkan Teknologi Shinkansen di Proyek KA Jakarta-Bandung

Konsultan proyek kereta super cepat Jakarta-Bandung-Gedebage menawarkan teknologi untuk kereta tersebut menggunakan kereta supercepat Jepang yakni Shinkansen karena terbukti lebih aman dibandingkan teknologi kereta negara lain.

Bisnis.com, JAKARTA—Konsultan proyek kereta super cepat Jakarta-Bandung-Gedebage menawarkan teknologi untuk kereta tersebut menggunakan kereta supercepat Jepang yakni Shinkansen karena terbukti lebih aman dibandingkan teknologi kereta negara lain.

Namun, pemerintah belum memutuskan karena masih harus menunggu penyelesaian feasibility study (FS) tahap kedua yang akan berakhir pada Desember 2014.

“Kami belum sepakat bahwa itu nantinya teknologinya menggunakan apa. Kan masih banyak tahapan putusan, sekarang masih tahap pertama,” ujar Luki Eko Wurianto, Deputi Menteri Perekonomian Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, usai pemaparan FS di Jakarta, Kamis (24/4).

Proyek Kereta Super Cepat Jakarta-Bandung-Gedebage sepanjang 144 kilometer ini merupakan bagian dari kereta super cepat Jakarta-Surabaya.

Nantinya, kereta ini akan melintasi 6 wilayah yakni DKI Jakarta, Bekasi, Cikarang, Karawang, Bandung, dan Gedebage dengan waktu tempuh diperkirakan 37 menit-45 menit. Nilai investasi proyek ini mencapai Rp 56 triliun dengan skema kerja sama pemerintah dan swasta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper