Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Armada Pelabuhan Berbasis Green Port Hadir Mei

Armada angkutan barang dan peti kemas berbasis compress natural gas (CNG) untuk mendukung konsep green port di pelabuhan Indonesia mulai diperkenalkan pada pertengahan Mei 2014.
Akhmad Mabrori
Akhmad Mabrori - Bisnis.com 23 April 2014  |  16:17 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Armada angkutan barang dan peti kemas berbasis compress natural gas (CNG) untuk mendukung konsep green port di pelabuhan Indonesia mulai diperkenalkan pada pertengahan Mei 2014.

Pengenalan itu dengan merencanakan uji coba pengoperasiannya di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Rudi Heryanto, Direktur PT Indo Dongfeng Motor (IDM)-salah satu distributor truk dan sparepart berbagai merek dari China, mengatakan pada 25 April 2014 pihaknya akan mendatangkan tiga unit armada dengan prototipe baru tersebut untuk kegiatan uji coba di pelabuhan.

Dia mengatakan, tiga unit truk trailer produksi China Automotive Manufacturing Company (CAMC)khusus angkutan di Pelabuhan tersebut memiliki spesifikasi engine 380 Horse Power (HP), 350 HP dan 280 HP.

“Armada itu juga memiliki spesifikasi standar emisi gas buang euro 4, sedangkan kebanyakan armada yang ada saat ini masih euro 2 atau emisi gas buangnya masih rendah,” ujarnya, kepada Bisnis.com, hari ini, Rabu (23/4).

Rudi mengatakan, armada tersebut untuk mendukung program green port di Pelabuhan Indonesia, seperti yang akan dilakukan di Pelabuhan Tanjung Priok, Tanjung Perak maupun Teluk Lamong.

“Kami juga akan menggandeng Organda Angkutan Khusus Pelabuhan dan Manajemen Pelindo untuk menyukseskan program green port tersebut,” tuturnya.

Dia mengatakan tehnologi gas buang euro 4 untuk kendaraan/armada truk trailer hingga saat ini belum ada di Indonesia, sebab mayoritas armada trailer di Pelabuhan Indonesia saat ini bermesin diesel dengan bahan bakar solar.

“Sistem euro 4 memiliki standar emisi gas buang sangat baik sehingga minim terjadinya polusi karena memakai bahan bakar gas,dan hal ini sejalan dengan dengan konsep green port,” tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top