Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemanfaatan Kredit Pembelian Apartemen Turun 5%

Colliers International Indonesia menunjukkan persentase pemanfaatan kredit untuk pembelian apartemen (KPA) mengalami penurunan sekitar 5%.
Fatia Qanitat
Fatia Qanitat - Bisnis.com 21 April 2014  |  17:30 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Colliers International Indonesia menunjukkan persentase pemanfaatan kredit untuk pembelian apartemen (KPA) mengalami penurunan sekitar 5%.

Masyarakat pengguna fasilitas tunai bertahap menjadi semakin tinggi, seiring dengan penurunan pemanfaatan KPA.

Colliers mencatat 63% konsumen menggunakan fasilitas tunai bertahap dalam transaksi pembelian apartemen kuartal I/2014. Sementara KPA mengalami penurunan dengan persentase 16%, dan dengan tunai keras sebesar 21%.

“Pemanfaatan KPA lebih rendah. Kondisi 1-2 tahun lalu, persentase ini berada pada kisaran di atas 20%,” kata Associate Director Research Colliers International Indonesia Ferry Salanto, Senin (21/4/2014).

Karena jumlah DP yang disetor meningkat menjadi 30% hingga 50%, membuat pembayarannya dilakukan bertahap. Pembayaran DP saat ini bisa dicicil kepada pengembang hingga 12 sampai 35 kali.

“Setelah DP lunas dan bangunan sudah selesai dibangun, pembayaran kredit dialihkan kepada bank. Posisi developer saat ini selain sebagai pengembang juga berfungsi sebagai bank,” tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpa kredit apartemen colliers
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top