Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gelar Kompetisi Efisiensi Energi, GE-Aramco Siapkan Hadiah US$200.000

General Electic (GE) Ecomagination dan Aramco Entrepreneurship meluncurkan kompetisi teknologi global untuk mempercepat pengembangan solusi yang berfokus untuk meningkatkan efisiensi energi dalam proses desalinasi air.
Herdiyan
Herdiyan - Bisnis.com 21 April 2014  |  14:57 WIB
  Pembangkit Listrik Tenaga Energi Laut.  Ecomagination dan Aramco Adakan Kompetisi Teknologi Energi - Antara
Pembangkit Listrik Tenaga Energi Laut. Ecomagination dan Aramco Adakan Kompetisi Teknologi Energi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA—General Electic (GE) Ecomagination dan Aramco Entrepreneurship meluncurkan kompetisi teknologi global untuk mempercepat pengembangan solusi yang berfokus untuk meningkatkan efisiensi energi dalam proses desalinasi air.

Kompetisi yang berhadiah total senilai US$200.000 ini akan diberikan kepada empat pemenang yang masing-masing akan menerima hadiah sebesar US$50.000, dan kemungkinan investasi lebih lanjut guna memasarkan ide yang terbaik.

Saat ini, teknik desalinasi yang umum digunakan memakan banyak energi hingga 70% dari biaya desalinasi. Produksi air desalinasi secara global menggunakan listrik sekitar 75,2 terawatt-jam setiap tahun, yang dapat memberikan listrik bagi 7 juta rumah.

Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk mengidentifikasi terobosan-terobosan baru guna menurunkan biaya ini di seluruh dunia, baik melalui terobosan teknologi, perbaikan proses, atau kombinasi keduanya.

Nabil Al-Khowaiter, Aramco Entrepreneurship’s Director untuk Proyek Khusus, mengatakan menemukan metode desalinasi air laut yang lebih efisien dapat menjadi langkah kunci dalam menemukan sumber energi yang berkelanjutan di seluruh dunia.

Oleh karena sumber air bersih semakin berkurang, negara-negara di seluruh dunia semakin bergantung pada proses desalinasi sebagai teknologi untuk menyediakan air bersih.

Dengan teknologi yang ada saat ini, ketergantungan ini dapat dengan drastis meningkatkan penggunaan tenaga listrik.

“Aramco Entrepreneurship bermitra dengan GE tidak hanya untuk mengidentifikasi solusi terbaru untuk menurunkan biaya desalinasi, tetapi juga untuk berinvestasi dan menarik teknologi dan industri baru ke Arab Saudi,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Senin (21/4/2014).

Deb Frodl, Executive Director GE Global Ecomagination mengatakan pihaknya berinvestasi untuk meningkatkan pengembangan solusi yang lebih berkelanjutan untuk desalinasi air.

Melalui kompetisi ini, kami berharap dapat menginspirasi peneliti, teknisi, wiraswasta, dan inovator di seluruh dunia untuk menyumbangkan talenta mereka di kegiatan ini dan membantu mendorong hasil yang lebih berarti bagi pelanggan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

general electric aramco
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top