Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gelar Kompetisi Efisiensi Energi, GE-Aramco Siapkan Hadiah US$200.000

General Electic (GE) Ecomagination dan Aramco Entrepreneurship meluncurkan kompetisi teknologi global untuk mempercepat pengembangan solusi yang berfokus untuk meningkatkan efisiensi energi dalam proses desalinasi air.
  Pembangkit Listrik Tenaga Energi Laut.  Ecomagination dan Aramco Adakan Kompetisi Teknologi Energi/Antara
Pembangkit Listrik Tenaga Energi Laut. Ecomagination dan Aramco Adakan Kompetisi Teknologi Energi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—General Electic (GE) Ecomagination dan Aramco Entrepreneurship meluncurkan kompetisi teknologi global untuk mempercepat pengembangan solusi yang berfokus untuk meningkatkan efisiensi energi dalam proses desalinasi air.

Kompetisi yang berhadiah total senilai US$200.000 ini akan diberikan kepada empat pemenang yang masing-masing akan menerima hadiah sebesar US$50.000, dan kemungkinan investasi lebih lanjut guna memasarkan ide yang terbaik.

Saat ini, teknik desalinasi yang umum digunakan memakan banyak energi hingga 70% dari biaya desalinasi. Produksi air desalinasi secara global menggunakan listrik sekitar 75,2 terawatt-jam setiap tahun, yang dapat memberikan listrik bagi 7 juta rumah.

Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk mengidentifikasi terobosan-terobosan baru guna menurunkan biaya ini di seluruh dunia, baik melalui terobosan teknologi, perbaikan proses, atau kombinasi keduanya.

Nabil Al-Khowaiter, Aramco Entrepreneurship’s Director untuk Proyek Khusus, mengatakan menemukan metode desalinasi air laut yang lebih efisien dapat menjadi langkah kunci dalam menemukan sumber energi yang berkelanjutan di seluruh dunia.

Oleh karena sumber air bersih semakin berkurang, negara-negara di seluruh dunia semakin bergantung pada proses desalinasi sebagai teknologi untuk menyediakan air bersih.

Dengan teknologi yang ada saat ini, ketergantungan ini dapat dengan drastis meningkatkan penggunaan tenaga listrik.

“Aramco Entrepreneurship bermitra dengan GE tidak hanya untuk mengidentifikasi solusi terbaru untuk menurunkan biaya desalinasi, tetapi juga untuk berinvestasi dan menarik teknologi dan industri baru ke Arab Saudi,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Senin (21/4/2014).

Deb Frodl, Executive Director GE Global Ecomagination mengatakan pihaknya berinvestasi untuk meningkatkan pengembangan solusi yang lebih berkelanjutan untuk desalinasi air.

Melalui kompetisi ini, kami berharap dapat menginspirasi peneliti, teknisi, wiraswasta, dan inovator di seluruh dunia untuk menyumbangkan talenta mereka di kegiatan ini dan membantu mendorong hasil yang lebih berarti bagi pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper