Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seluruh Kabupaten/Kota Ditargetkan Punya Strategi Sanitasi Tahun Ini

Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan seluruh kabupaten/kota di Indonesia memiliki Buku Putih Sanitasi (BPS) dan Strategi Sanitasi Kota (SSK) pada tahun ini, sebagai acuan program sanitasi.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan seluruh kabupaten/kota di Indonesia memiliki Buku Putih Sanitasi (BPS) dan Strategi Sanitasi Kota (SSK) pada tahun ini, sebagai acuan program sanitasi.

Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP) Ditjen Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Mursito mengatakan dari 520 kabupaten/kota yang ada di Indonesia, baru 394 kota/kabupaten yang memiliki SKK tersebut.

Melalui program tersebut, pemerintah daerah bisa mencari sumber-sumber pendanaan untuk mewujudkan program-program yang telah disusunnya melalui pemerintah provinsi, pemerintah pusat, swasta, maupun lembaga donor

“Jadi SKK tersebut isinya potret kondisi sanitasi, strategi, serta programnya apa. Yang jelas mereka tahun mau seperti apa target akses sanitasi layaknya,” katanya, Selasa (15/4/2014).

Hingga kini, beberapa program sanitasi yang dicanangkan oleh pemerintah dengan syarat adanya dokumen SSK yang berkualitas, yakni Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas), Sanitasi Perkotaan Berbasis Masyarakat Urban Sanitation and Rural Infrastructure (SPBM-USRI), dan Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat Dana Alokasi Khusus (SLBM-DAK).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper