Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Isu Strategis Energi dan Pertambangan Digeber

Pada akhir masa kepemimpinan Jero Wacik sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pihaknya diminta untuk menggeber 4 isu strategis di sektor energi dan pertambangan.

Bisnis.com JAKARTA – Pada akhir masa kepemimpinan Jero Wacik sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pihaknya diminta untuk menggeber 4 isu strategis di sektor energi dan pertambangan.

Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo mengungkapkan ada 4 isu strategis yang tengah digenjot hingga Oktober 2014, yakni renegosiasi kontrak pertambangan, kebijakan gas nasional, kewajiban cadangan minyak dan crude oil, serta kebijakan energi nasional.

“Untuk renegosiasi kontrak pertambangan sedang kami kebut sehingga renegosiasi harus tuntas. Harapannya bisa sampai penandantanganan kontrak baru,” katanya Senin, malam (14/4/2014).

Namun, khusus untuk poin kedua soal kebijakan gas. Pihaknya tengah melakukan diskusi bersama Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) serta melibatkan Bank Dunia.

Poin selanjutnya adalah cadangan minyak. Pada poin ini, pihaknya tengah menyiapkan aturan soal kewajiban pelaku usaha untuk menyisihkan cadangan minyak dan srude oil sekitar 9 juta kiloliter yang diperkirakan cukup untuk 30 hari.

Hanya saja, soal kebijakan energi nasional yang biasa disebut rancangan umum energi nasional (RUEN), nantinya juga akan ada rancangan umum energi daerah (RUED). “Prosesnya hampir disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper